Home Pendidikan 14 M Untuk Perbaikan 30 Gedung SD di Bangkalan, Disdik Himbau Tak...

14 M Untuk Perbaikan 30 Gedung SD di Bangkalan, Disdik Himbau Tak Libatkan Pihak Ketiga

SHARE
Plt Kadis Pendidikan Bangkalan Bambang Mustiko (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) telah dicairkan. Dinas pendidikan (Disdik) Bangkalan, Madura, Jawa Timur menghimbau agar kepala sekolah tidak melibatkan pihak ketiga dalam proses pengelolaannya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bambang Budi Mustika saat ditemui oleh pojoksuramadu.com siang tadi, (19/6/2019). Ia menegaskan agar pengelolaan dilakukan oleh sekolah dengan hanya melibatkan komite sekolah dan masyarakat sekitar.

“Pengelolaan harus dilakukan sekolah sendiri, jangan pakai pihak ketiga. Sebab, jika menggunakan pihak ketiga, dana yang diberikan tidak dapat digunakan secara maksimal,” tegasnya.

Hal senada juga ucapkan oleh Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nurhasan. Ia menghimbau pengelolaan sebaiknya dilakukan sendiri oleh pihak sekolah.

Baca Juga:  Dianggap Melecehkan, HMI Demo PR III UTM

“Sangat tidak disarankan untuk menggunakan pihak ketiga dalam pengelolaan dana DAK tersebut,” singkatnya.

Dana DAK sebesar Rp 14 Miliar telah cair secara bertahap. Dana ini telah dialokasikan untuk perbaikan 30 sekolah dasar se kabupaten Bangkalan.

Dana Rp 14 Miliar tersebut dibagi menjadi dua, yakni 9 Miliar untuk Fisik dan 5 Miliar untuk non fisik. Sedangkan pencairan akan bagi menjadi 4 tahap dengan rincian 35 persen, 30 persen, 30 persen dan 5 persen.

Dalam pengelolaan dana tersebut, penerima dana diwajibkan melakukan kegiatan setelah 14 hari kerja sejak tanggal pencairan. Sedangkan untuk mendapatkan DAK tahap ll, pihak sekolah harus menyelesaikan kegiatan 75 persen dari pencairan tahap awal.

Baca Juga:  Crossword Puzzle, Media Belajar dari Rumah

“Dana awal harus segera digunakan, setelah kegiatan selesai 75 persen barulah pencairan tahap dua diberikan. Jika tidak, tetap akan menunggu hingga 75 persen,” ucap Mohammad Yakup, Kabid Sekolah dasar Disdik.

Pihaknya menargetkan kegiatan dari DAK tersebut akan rampung di ahir tahun ini. Sehingga di tahun depan tidak terjadi endapan DAK yang belum dikelola. (Ist/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here