Home Daerah 2019, Estimasi Jamaah Haji Bangkalan Sebanyak 653

2019, Estimasi Jamaah Haji Bangkalan Sebanyak 653

SHARE
Ilustrasi Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia (Foto:Istimewa)

pojoksuramadu.com, Bangkalan-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan. Madura, Jawa Timur telah mengeluarkan estimasi jamaah haji tahun 2019 sebenyak 653 jamaah. Jumlah tersebut terdiri dari 589 calon jamaah haji reguler dan 74 jamaah calon jamaah cadangan.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Bangkalan, Wafir menyatakan, data tersebut terhitung pertanggal 22 Januari 2019. Hingga saat ini Kemenag terus melakukan koordinasi dengan calon jamaah untuk menyesuaikan dengan porsi calon jamaah.

Baca Juga:  Dua Kampung Tangguh Covid-19 di Bangkalan Diresmikan

“Data ini masih belum final, nanti bisa berubah sesuai dengan kondisi jamaah, jadi kami sementara ini masih dalam penyelesaian dokumen sekaligus konfirmasi ke jamaah, kita pastikan jamaah ini mau berangkat atau menunda atau meninggal,” terang dia Jumat (25/1/2019).

Menurutnya, Kemenag telah menerima sedikitnya 40 jamaah yang menunda berangkat tahun ini. “Ada sebagian yang meninggal, ada yang menunda karena menunggu mahrom, sebagian ada yang punya kepentingan artinya ada kesibukan lain sehinga menunda keberangkatannya,” katanya.

Baca Juga:  Masa Pelunasan BPIH CJH di Bangkalan Diperpanjang

Dia menjelaskan, untuk jamaah yang menunda keberankatan tahun ini, Kemenag melaporkan ke Kanwil untuk diproses diikutkan bersama jamaah cadangan serta jamaah lansia atau pengesian sisa porsi nasional.

“Yang ditunda tidak berankat tahun ini, nanti akan menyesuaikan dengan keinginan jamaah, yang penting (karena) jamaah ini Sudan punya hak berangkat tahun 2019,” ungkapnya. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here