Home Kesehatan All Out Benahi Pelayanan, Bangkalan Ingin Segera Miliki Puskesmas Paripurna

All Out Benahi Pelayanan, Bangkalan Ingin Segera Miliki Puskesmas Paripurna

SHARE
Puskesmas Blega di Bangkalan Nampak dari Depan (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur menargetkan dalam waktu dekat memiliki pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terakreditasi paripurna.

Kepala dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo mengutarakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan beberapa puskesmas untuk dilakukan reakreditasi untuk peningkatan status. Berbagai pesiapan telah dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

“Sekarang ini kita persiapkan dokumen dan sistem di puskesmas untuk dilakukan reakreditasi, jadi dilakukan penilaian ulang setiap tiga tahun sekali, tergantung nanti hasilnya gimana, kalau persiapannya sudah allout,”terang dia, Sabtu (14/09/2019).

Dia menjelaskan, ada tiga yang pokja yang menjadi fokus penilaian dalam akreditasi tersebut, yang pertama adalah administrasi dan menajemen (Admen) puskesmas. Yang kedua Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Yang ketiga adalah Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Baca Juga:  Waspada Empat Virus Yang Mematikan di Dunia
Fasilitas Ruang Aula Puskesmas Blega Bangkalan (Foto:Pojoksuramadu.com)

“Ya itu melekat mulai dari pelayanan, fasilitas, semuanya dinilai, ada tujuh ratus delapan puluh item yang dinilai, namanya elemen penilaian, masing masing dari tiga dinilai. Enam sampai sembilan itu di mutu,”jelas dia.

Dia menambahkan, akreditasi terhadap puskesmas itu penting untuk meningkatkan statusnya. Melalui akreditasi itu puskesmas bisa memberikan catatan terhadap sarana dan prasarana yang belum ada, yaitu dengan mengajukan rencana pembelian peralatan yang belum dimiliki.

Baca Juga:  Dinkes Sampang Minta Masyarakat Tak Usah Panik Hadapi Virus Corona, Begini Penjelasannya

“Tidak harus ada, upaya apa yang dilakukan oleh puskesmas itu, yaitu dengan cara mengajukan usulan, perkara tidak di-ACC, bisa mengusulkan lagi, misalnya kita USG 3D belum punya, upaya apa yang puskesmas lakukan, jadi itu sistem sudah,” paparnya.

Ada 4 status hasil penilaian dalam akreditasi, yaitu Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. Saat ini ada tiga puskesmas di Bangkalan yang sudah berstatus Utama, yaitu Puskesmas Tangjung Bumi, Puskesmas Kamal dan Puskesmas Sukolilo.

“Bulan Oktober ini dua puskesmas akan direakreditasi, Bula November itu ada dua puskesmas,”ungkapnya. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here