Home Polisi Baru Menjabat, Kasat Reskrim Polres Pamekasan Bikin Gebrakan

Baru Menjabat, Kasat Reskrim Polres Pamekasan Bikin Gebrakan

SHARE
Kasat Reskrim Polres Pamekasan AKP Adhi Putranto Utomo, (Foto:Istimewa)

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Mungkin masih banyak yang belum mengenal Kasat Reskrim Polres Pamekasan AKP Adhi Putranto Utomo.

Meskipun baru serah terima jabatan pada Senin (14/9/2020) lalu, AKP Adhi Putranto Utomo langsung membuat gebrakan dengan terjun langsung untuk meringkus komplotan pelaku pencurian dengan pemberatan Kamis (17/9/2020).

“Saya tak ingin hanya jadi panglima komandan dalam kamar (Pangkodamar) yang sifatnya hanya memerintah, saya juga perlu tahu bagaimana kronologinya dan membuat keputusan saat ada di lapangan,” terang AKP Adhi.

Terjun langsung untuk memimpin para anggota dalam sebuah kasus pengungkapan, sudah biasa dilakukan oleh AKP Adhi sewaktu menjabat Kanit Reskrim Polsek Medan Baru, Kota Medan selama 6 tahun.

Perwira jebolan Akpol tersebut menjelaskan, bertugas menjadi anggota Polri adalah bentuk pengabdian yang tulus dan harus memiliki tekad yang kuat untuk melayani masyarakat dan sungguh-sungguh dalam mengemban amanah yang diberikan.

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Kapolres Bangkalan Ceck Pos Mudik Pelabuhan Kamal

Tak hanya itu, menurut dia, suka dan duka dalam menjalankan tugas adalah warna kehidupan yang saling melengkapi, karena setiap detik yang dilewati memiliki hikmah dan nilai-nilai pembelajaran untuk bertugas lebih baik lagi. Tentunya dengan keikhlasan dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.

“Saya melihat tugas kepolisian itu mulia dan ilmu pengetahuan ada ditubuh Polri. Itulah yang memotivasi saya menjadi seorang anggota polisi, lebih-lebih ayah saya sendiri adalah mantan perwira,” ujarnya.

“Dalam menanggulangi kasus kejahatan konvensional dan kejahatan lainnya kita mengambil dua langkah yaitu upaya Preventif dan Represif,” sambungnya.

AKP Adhi mengatakan, upaya preventif dilakukan melihat beberapa kasus yang ada dan akan melakukan pendekatan langsung bekerjasama dengan berbagai pihak. Sedangkan untuk mengambil langkah terakhir represif yaitu untuk mengambil penindakan langsung sebagai shock therapy.

Pihaknya juga berharap peran serta masyarakat dapat membantu petugas di lapangan untuk memberikan segala informasi terkait gangguan kamtibmas untuk bisa ditindaklanjuti dengan cepat oleh anggota.

Baca Juga:  Masih Zona Merah dan 206 Orang Positif Covid-19, Pembatasan Kegiatan Masyarakat Masih Diberlakukan di Bangkalan

“Jadi polisi itu mengedepankan tanggung jawab moral, tidak serta merta ada orang mencuri mangga lalu kita hukum,” katanya

Selama bertugas di Polsek Medan Baru, AKP Adhi pernah menangani kasus Pembunuhan, perampokan truk solar, perampokan di salah satu minimarket, perampokan terhadap anggota kopassus, serta beberapa kejahatan konvensional lainnya. Bahkan dari prestasi tersebut, AKP Adhi bahkan sudah mendapatkan penghargaan dari Kapolres Medan, dan Kapolda Sumatera Utara.

“Apa yang saya lakukan ini tentu ingin kami tularkan pada beberapa kanit yang menjadi bawahan sekaligus tim, bahwa tugas polisi memang demikian,” tandasnya. (Hasibuddin)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here