Home Kuliner Berkunjung ke Bangkalan, Jangan Lupa Cicipi Rujak Kambang Arosbaya

Berkunjung ke Bangkalan, Jangan Lupa Cicipi Rujak Kambang Arosbaya

SHARE
Rujak Kambang Arosbaya (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Indonesia kaya akan tradisi, wisata bahkan wisata kuliner, salah satunya di Bangkalan. Saat berkunjung ke wilayah utara Bangkalan yakni Kecamatan Arosbaya, salah satu kudapan yang harus dicicipi yakni Rujak Kambheng (rujak mengambang).

Rujak khas dari Arosbaya ini merupakan olahan rujak yang dipadukan dengan kuah sari ikan. Ras khas dari makanan ini yakni asin dan asam.

Biasanya, pembuatan makanan ini dimulai dengan menghaluskan kacang, tomat dan cabai. Kemudian, dengan mencampurkan berbagai jenis petis asin khas Arosbaya serta mencampurkan sedikit cuka dan kuah sari ikan laut.

Baca Juga:  Ibis Hotel Budget Surabaya, Sajikan Kuliner Khas Pati

Setelah semuanya tercampur, isian rujak ini biasanya berisi buah – buahan, sayur dan juga bihun. Makanan unik ini hanya di bandrol dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

Salah satu penjual rujak kambeng yang laris yakni warung rujak milik Marni (43). Lokasinya berada di depan SMPN 1 Arosbaya. Ia berjualan sejak tahun 2001.

“Saya setiap hari berjualan disini, bahkan bulan puasa saya berjualan malam. Karena permintaan pelanggan banyak. Biasanya banyak yang beli untuk di bawa ke kota (Bangkalan,red),” ucapnya.

Baca Juga:  Pengabdian Masyarakat 45 UTM Inovasikan Olahan Jantung Pisang Bagi Anggota PKK Sumedangan

Hal tersebut dibenarkan oleh Ria (30), salah satu perawat rumah sakit Syamrabu. Ia membeli 10 bungkus pesanan rujak temannya, sebelum berangkat bekerja untuk jadwal siangnya.

“Ini saya beli 10 bungkus. Sebetulnya banyak jual rujak disini, tapu saya langganan disini dan cocok sama rasanya,” tuturnya.

Rasa Rujak Kambheng yang menjadi salah satu ciri khas yakni, campuran kuah ikan yang berasal dari ikan tongkol yang di rebus berjam-jam. Sehingga menciptakan rasa sari ikan yang khas. (ist/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here