Home Politik Berlangsung Alot, Sidang Penetapan Susunan AKD Diskor

Berlangsung Alot, Sidang Penetapan Susunan AKD Diskor

SHARE
Sidang Penetapan Susunan Alat Kelengkapan Dewab DPRD Bangkalan (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan  – Sidang paripurna DPRD Bangkalan dalam penetapan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) berlangsung alot. Akibatnya, sidang di skorsing selama 15 menit, Senin (23/9/2019).

Sebagian anggota dewan menilai, tata tertib seharusnya difasilitasi saat pimpinan dewan sementara belum dilantik menjadi definitif. Namun hingga ditetapkan, tatib masih belum dibentuk. Akibatnya penyusunan AKD menggunakan tatib lama.

“Tatib lama itu bukan punya kita. Kita sendiri belum punya tatib yang baru,” Terang Musawwir.

Baca Juga:  Pilgub Jatim, Gus Ipul Dapat Doa Khusus Dari KH. Muzakki Syah Jember

Sedangkan anggota lain menyampaikan penggunaan tatib lama tidaklah masalah. Sebab belum ada tatib baru dan secara hukum itu diperbolehkan.

“Dalam payung hukum membolehkan menggunakan tatib lama,” ucap Nurhasan.

Sementara itu, ketua DPRD Bangkalan telah membacakan anggota komisi A dan B berjumlah 11 orang, sedangkan formula untuk komisi C dan D berjumlah 12 orang. Menanggapi hal tersebut, Mahmudi ketua DPC Hanura Bangkalan menganggap penetapan itu tidak jelas.

Baca Juga:  DPT Pileg dan Pilpres 2019 Bertambah, Ini Kata KPU Bangkalan!

“Kita belum memiliki tatib baru, namun formula 11-11-12-12 sudah ditetapkan. Sedangkan kalau menggunakan tatib lama harusnya 11-12-11-12. Silahkan kalau mau dipaksakan,” ucapnya.

Akibat perdebatan tersebut, Ketua DPRD Bangkalan memutuskan untuk sidang diskors sementara. Ia mengatakan formula 11-11-12-12 memanglah tidak tertuang di tatib.

“Tatib itu mengacu pada PP 12 tahun 2018, memang formula tersebut tidak tertuang di tatib. Namun keputusan akhirnya kita lihat nanti setelah sidang dilanjutkan,” paparnya. (Is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here