Home Pendidikan Bidik Pelajar Berkarakter, Disdik Luncurkan Program Bangkalan Menghafal Al-Qur’an

Bidik Pelajar Berkarakter, Disdik Luncurkan Program Bangkalan Menghafal Al-Qur’an

0
SHARE
Peresmian gerakan Bangkalan menghafal Al-Qur'an. (Foto: pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Sebagai kota dzikir dan shalawat, Kabupaten Bangkalan perlu tingkatkan pendidikan karakter siswa-siswi di sekolah. Melihat hal tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan meluncurkan program Gerakan Bangkalan Menghafal Al-Qur’an yang digelar di gedung Rato Ebuh, (18/12/2019).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati serta Wakil Bupati Bangkalan, juga tokoh ulama Bangkalan. Peluncuruan gerakan ini juga disaksikan langsung oleh para kepala sekolah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Bangkalan.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, mengatakan, gerakan ini merupakan salah satu visi misi yang telah direncanakan sejak awal. Tujuannya adalah, agar siswa-siswi mendapat pelajaran lebih tentang Al-Qur’an dengan cara belajar baca tulis dan menghafal Al-Qur’an.

Baca Juga:  Polsek Sukolilo Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar

“Majunya zaman yang semakin berkembang, kita semua perlu membekali anak-anak kita dengan pendidikan agama yang kuat. Dengan adanya gerakan menghafal Al-Qur’an, diharapkan kegiatan siswa-siswi terarah pada hal positif,” ucapnya dalam sambutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Bambang Budi Mustika turut menyampaikan bahwa kegiatan menghafal Al-Qur’an sebetulnya telah diterapkan di beberapa Sekolah Dasar di Bangkalan. Hal itu untuk menyeragamkan gerakan tersebut, dan agar dilaksanakan secara menyeluruh di tiap sekolah yang ada di Bangkalan.

Baca Juga:  UTM Sosialisasikan Seleksi Masuk PTN Saat Dapat Kunjungan Siswa

“Sebetulnya sudah ada yang melaksanakan, contohnya SDN Kemayoran 1. Agar dilaksanakan secara serentak, maka kami luncurkan gerakan secara resmi,” tegasnya.

Dikatakan, program ini nantinya dapat dimasukkan dalam program ekstrakulikuler ataupun mata pelajaran muatan lokal ataupun Pendidikan Agama Islam. Selain itu, para tenaga pengajar juga telah siap untuk memberikan pelajaran tersebut.

“Sudah siap semua. Ini bergantung sekolah mau dimasukkan ke ekstra atau mapelnya. Kami berharap, pendidikan di Bangkalan tidak hanya ada pembangunan fisik gedung namun juga penanaman pendidikan karakter juga bisa unggul,” tukasnya. (is/id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here