Home Daerah Cegah Karhutla, Polres Bangkalan Simulasikan Penanganan Kebakaran

Cegah Karhutla, Polres Bangkalan Simulasikan Penanganan Kebakaran

SHARE
Simulasi Kebakaran Polres Bangkalan (Foto:Istimewa)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Makin maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di berbagai daerah, membuat Polres Bangkalan bergerak untuk memberikan sosialisasi penanganan kebakaran. Simulasi di gelar di Desa Klabetan Kecamatan Sepulu, Bangkalan, Sabtu (21/9/2019).

Pemilihan lokasi ini disebabkan luas hutan di kecamatan sepulu memiliki luas 1205,4 hektare, sebagian besar hutan mengalami kekeringan di musim kemarau ini. Dengan luasnya lokasi hutan, maka simulasi dilakukan agar saat terjadi kebakaran masyarakat sekitar dapat menangani sejak dini sebelum tim pemadam kebakaran datang ke lokasi.

“Sosialisasi dan simulasi ini sebagai bentuk respon kami atas karhutla di beberapa tempat yang kondisinya sangat memprihatinkan. Dengan adanya simulasi ini masyarakat sadar dan tau bagaimana menanggulangi kebakaran. Alat yang digunakan bisa dengan alat tradisional maupun modern,” terang Kabagren Polres Bangkalan, Kompol Gunawan Wibisono.

Baca Juga:  Polres Bangkalan Salurkan APD untuk Tim Medis dan Ribuan Paket Sembako kepada Warga

Meski memiliki lahan hutan yang cukup luas, daerah Bangkalan masih belum berpotensi terjadi kebakaran. Meski demikian, himbauan agar tak membakar sembarangan tetap harus disampaikan pada masyarakat.

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Bangkalan, Hendro Budi Cahyono menjelaskan, penanganan Karhutla dalam skala kecil bisa diatasi dengan membuat alat sederhana yang dapat meredam api. Sedangkan untuk skala besar, masyarakat bisa menghubungi tim pemadam kebakaran.

Baca Juga:  Sejak Digelar Pada 29 Agustus Lalu, Polres Bangkalan Tindak 2.555 Pelanggar

“Seperti simulasi yang telah disaksikan, untuk api skala kecil bisa membuat gepyok yang berbentuk seperti kipas tangan. Sedangkan untuk skala besar masyarakat bisa menghubungi tim Damkar di 031-3095113 atau 082330221113,” ucapnya.

Dikatakan, dalam waktu dekat pihaknya berencana membuat tim relawan yang akan ditempatkan di setiap pos tiap kecamatan. Tim ini dibentuk, disebabkan jarak tempuh petugas pemadam jauh dari beberapa kecamatan. (is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here