Home Kesehatan Cegah Stunting, Dinkes Bangkalan Jamin 1000 HPK

Cegah Stunting, Dinkes Bangkalan Jamin 1000 HPK

SHARE
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Angka kekurangan gizi kronis yang menghambat pertumbuhan anak (Stunting) di Bangkalan masih terbilang rendah. Meski demikian, pemerintah Bangkalan melalui dinas kesehatan (Dinkes) tetap melakukan upaya pencegahan hal tersebut dengan Jaminan seribu hari pertama kelahiran (HPK).

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Dinkes, Sudiyo. Ia menyampaikan, saat ini angka stunting di Bangkalan kurang dari 10 persen. Menurut data Bappenas, angka stunting di Bangkalan berada di angka 9,7 persen.

Baca Juga:  Pemkab Bangkalan Tanggung Biaya Pasien Positif Corona

“Untuk mencegah stunting, maka kami akan berikan jaminan seribu hari pertama kelahiran. Hal itu bisa melalui asupan makanan, pola asuh dan kebersihan sanitasi,” ucapnya.

Ia menyampaikan, stunting sendiri tidak dapat diturunkan secara signifikan. Namun, stunting sendiri akan hilang dengan sendirinya dalam 5 tahun, itu sebabnya Dinkes melakukan pencegahan pada dua tahun awal pasca kelahiran.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 di Bangkalan Semprotkan Cairan Disinfektan di Ruas Jalan Protokol

Diketahui, penyebab utama kondisi stunting tersebut karena bayi mengalami kekurangan gizi kronis sejak berada dalam kandungan hingga masa awal ia dilahirkan. Pertumbuhan anak penderita stunting akan mulai terlihat setelah berusia dua tahun keatas. (is/ah)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here