Home Pemerintahan Dikritisi, Dewan Tuding Eksekutif Tak Update Jumlah Data Penduduk

Dikritisi, Dewan Tuding Eksekutif Tak Update Jumlah Data Penduduk

SHARE
Pembahasan KUA-PPAS 2019 di Gedung DPRD Bangkalan (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Rapat penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) kemarin sempat berlangsung alot. Pasalnya, salah satu tim banggar menuding pihak eksekutif tidak update data jumlah penduduk di Bangkalan.

Hal itu disampaikan oleh Mahmudi salah satu anggota tim banggar sekaligus anggota komisi A DPRD Bangkalan. Mahmudi menyebutkan, jumlah penduduk Bangkalan saat ini lebih dari satu juta jiwa.


“Penduduk kita ini satu juta lebih, itu alasannya kenapa kita disini diberikan kursi sebanyak 50 anggota dewan, tapi kenapa yang digunakan disini hanya 979 ribu jiwa saja,” ucapnya.

Baca Juga:  DPRD Bangkalan Setujui Raperda APBD Anggaran Tahun 2019

Ia juga menilai, jika data yang digunakan tidak di update maka penganggaran juga tidak akan sesuai. Sebab, nantinya akan ada sebagian masyarakat yang tidak bisa menikmati pendanaan daerah.

“Masyarakat kita pasti bertanya, mana air kami yang katanya daerah ini sudah maju. Bagaimana ini bisa dilanjutkan jika data penduduk saja tidak lengkap, selain itu pihak terkait juga tidak disini,” tambahnya.

Baca Juga:  Bahas Pariwisata, Paripurna DPRD Bangkalan Sepi

Namun, sekretaris daerah Setijabudhi menyampaikan jumlah yang digunakan tersebut sesuai dengan data kependudukan di badan pusat statistik (BPS). Ia pun mengaku data tersebut sah secara hukum dan seluruh kegiatan yang melibatkan data tersebut juga sah.

“Kita sudah kroscek ke BPS, data tersebut memang data 2018, namun dikatakan data di BPS itu berlaku untuk 5 tahun hingga 2023 mendatang. Jadi sah saja bila gunakan data ini,” tambahnya. (is/ah)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here