Home Hukum dan Kriminal E-ICJS, Masyarakat Dapat Memantau Kasus Secara Transparan yang Ditangani APH

E-ICJS, Masyarakat Dapat Memantau Kasus Secara Transparan yang Ditangani APH

SHARE
Kantor Kejari Bangkalan (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Kecanggihan teknologi termasuk dalam penyebaran informasi saat ini sedang marak digunakan. Hal ini juga dimanfaatkan oleh pihak kejaksaan yang bekerja sama dengan penegak hukum lainnya untuk menggunakan teknologi dalam mengupdate informasi perkara yang sedang ditangani.

Teknologi tersebut bernama Electronic Integrated Criminal Justice System (E- ICJC). Sistem tersebut berupa informasi sebuah perkara mulai dari awal pelaporan hingga putusan akhir para terlapor di eksekusi.

Baca Juga:  Terkapar, Pemuda Ditemukan Tewas di Bangkalan dengan Luka Bacok

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan, Badrut Tamam menyampaikan, langkah tersebut diambil agar frekuensi tatap muka berbagai pihak dapat dikurangi. Manfaatnya, kasus dapat diproses lebih cepat dan seluruhnya dapat diakses oleh masyarakat.

“Untuk mempercepat proses penanganan perkara, sebab kalau terlalu sering tatap muka, penggunaan waktu juga tidak efisien,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra mendukung adanya program tersebut. Pihaknya juga akan dimudahkan untuk berkoordinasi menangani setiap kasus yang diterima.

Baca Juga:  Curi AC Di UTM, Pria Bertato Ini Diringkus Polisi

“Jelas kami mendukung langkah Kejari untuk sistem tersebut, kami juga akan dimudahkan untuk memproses perkara,” terangnya.

Saat ini aplikasi tersebut juga telah dapat diunduh oleh masyarakat. Beberapa perkara juga telah dimasukkan dalam data di sistem tersebut dan perkembangan kasus dapat terus diikuti. (is/ah)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here