Home Nasional Hantaru ke 59, BPN Bangkalan Serahkan 12 Bidang Tanah Milik Negara

Hantaru ke 59, BPN Bangkalan Serahkan 12 Bidang Tanah Milik Negara

SHARE
Kepala Kantor, Laode Asrafil Bersama Pejabat di Lingkungan BPN Bangkalan Saat Menghadiri Upacara Hantaru ke 59 di Kanwil Jatim (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Dalam rangka memperingati hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU)ke 59, Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bangkalan, Madura, Jawa Timur menghadiri upacara di Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur di Jalan Gayong Gebonsari, Nomor 60 Gayungan, Kota Surabaya, Selasa (24/09/2019).

Upacara yang dihadiri oleh pejabat ATR/BPN dari seluruh Jawa Timur itu dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Prawansah dan dihadiri pula oleh kepala daerah seluruh Jawa Timur dengan tema “ATR/BPN Menuju Penataan Ruang dan Pelayanan Pertanahan yang Berkepastian Hukum dan Modern”.

Kepala ATR/BPN Bangkalan, Laode Asrafil mengutarakan, tema tersebut merupakan amanat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil. Amanat itu dapat menjadi pendorong dan pengingat BPN Bangkalan dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

Baca Juga:  Kunjungi Bangkalan, KSP Moeldoko Bahas Pendanaan Penyelenggara Pesantren dengan Tokoh Agama
Upacara Hari Tata Ruang ke 59 ATR/BPN Jawa Timur di Kantor Wilayah, Senin 24/09/2019 (Foto:Pojoksuramadu.com)

“Kami berharap kepada pemerintah daerah kecamatan dan desa agar memfokuskan diri agar bekerja sama dengan BPN untuk mensukseskan kegitan PTSL kedepannya, partisipasi aktif dari pemerintah juga kami harapkan karena yang punya masyarakat itu pemerintah daerah,”terang dia.

Dia juga menyampaikan, Kemeterian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional berupaya menyelesaikan rencana tata ruang wilayah (RT-RW) dan rencana detail tata ruang (KDTR) dan Pengembangkan layanan online bidang tata ruang melalui Geographic Information System Tata Rung (GESTARU).

Baca Juga:  Bantuan Rp 2 Triliun Cuma Prank, Polda Tangkap Anak Bungsu Akidi Tio

“Kemarin kita sudah menyerahkan sebanyak 12 bidang Barang Milik Negara (BMN) tanah itu kami serahkan aset milik Kodim, terus ada juga kami serahkan kepada PU dan ada juga tanah aset pemerintah daerah, semuanya ada 12 bidang,”Katanya.

Tahun ini, BPN Bangkalan telah menyelesaikan 100 persen pengukuran Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 65 ribu bidang. Krdepannya BPN akan menginventarisir pengukuran tersebut secara bersamaan. “Kalau sekarang diukur dulu baru diinventarisasi, tahun depan diukur bersamaan dengan inventarisasi,”ungkapnya. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here