Home Kesehatan Ijin Tak Lengkap, RSIA Aslamy Kamal Disegel

Ijin Tak Lengkap, RSIA Aslamy Kamal Disegel

SHARE
Kepala Dinas Kesehatan Sudiyo dan Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainur Ghufron Saat Menyegel RSIA Aslamy Kamal (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com.-BANGKALAN – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aslamy di Kecamatan Kamal resmi disegel. Pihak perijinan bersama dinas kesehatan dan juga Satpol-PP mendatangi langsung lokasi untuk menyegel rumah sakit ilegal tersebut.

Salah satu pihak rumah sakit, Arifin Kanon mengaku pihaknya sudah mengurus seluruh ijin namun masih belum mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan.Meski begitu di rumah sakit tersebut juga menyediakan layanan operasi.

“Sudah selesai semua, memang tinggal satu untuk ijin operasional dari Dinkes. Tapi semua sudah kami urus,” terangnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Sudiyo di lokasi yang sama. Ia menjelaskan, masih banyak hal yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan rekom dari pihak Dinkes.

Baca Juga:  Ini Kata Ketua IDI Bangkalan Soal Tenaga Medis RSUD Syamrabu

“Ada ratusan ceklis yang harus dipenuhi untuk mendapat rekom. Salah satunya yakni tersedianya dokter spesialis di tempat dalam waktu 24 jam. Tidak bisa menggunakan on call, ini nyawa manusia jangan sembarangan,” tegasnya.

Sudiyo menambahkan, dari dua kunjungan ke RSIA tersebut pihaknya menilai kesiapan masih dibawah 50 persen. Sebab sarana dan prasarana belum memadai.

“Kalau pihak rumah sakit mengklaim progresnya sudah 83 persen. Namun di catatan kami dari dua kali visitasi masih dibawah 50 persen. Saat ini belum ada lagi laporan permintaan visitasi dari rumah sakit ini,” jelasnya.

Baca Juga:  SKM Tidak Mengandung Unsur Susu, Disdag Bangkalan Menunggu Intruksi BPOM

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Ainul Gufron mengatakan pihaknya akan mengeluarkan ijin jika seluruh aspek terpenuhi. Kini pihaknya menunggu pihak rumah sakit menyelesaikan persyaratan termasuk rekomendasi teknis.

“Memang sudah ada pengajuan perijinan namun kami masih menunggu kelengkapan rekomendasi teknisnya. Kalau semuanya lengkap,kami pasti keluarkan ijin,” terangnya.

Akibat penyegelan ini, rumah sakit tersebut dilarang menambah pasien. Selain itu pihak rumah sakit diminta untuk segera menyelesaikan seluruh persyaratan jika masih ingin terus beroperasi. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here