Home Kesehatan Kemenag Haruskan Tes Urin Sebelum Menikah, Ini Penjelasannya

Kemenag Haruskan Tes Urin Sebelum Menikah, Ini Penjelasannya

SHARE
Gambar Ilustrasi (Foto:Google)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan  – Untuk menekan angka penggunaan narkoba di Jawa Timur,baru-baru ini Kemenag Jatim mengeluarkan persyaratan baru bagi calon pengantin yang akan menikah. Syarat tersebut berupa tes urine bagi kedua calon pengantin sebelum melakukan akad.

Dikutip dari cnnindonesia.com,(12/7/2019) peraturan baru ini disampaikan oleh Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Mahfud. Kemenag bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim untuk melaksanakan program ini.

Baca Juga:  Sempat Sebut Puskesmas Klampis, Ini Klarifikasi Keluarga Pasien

Disebutkan juga, jika hasil tes urine positif menggunakan narkoba, pengantin tetap bisa melakukan akad nikah namun juga akan mendapat pembinaan dari BNN. Rencananya, program ini akan segera diterapkan agustus 2019 mendatang.

“Penerapan akan dimulai Agustus, di 38 KUA Kabupaten/Kota di Jawa Timur,” ucapnya.

Baca Juga:  Terinfeksi Covid 19, Satu Perawat di Pamekasan Meninggal Dunia

Menanggapi hal ini, kepala seksi bimbingan masyarakat Kemenag Bangkalan, Arif Rahman menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menerima adanya peraturan baru tersebut.

“Belum ada petunjuk resmi tentang itu (syarat tes urine,red), malah saya juga baru dengar,” tuturnya melalui sambungan telepon,(13/7/2019). (ist/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here