Home Pendidikan Keripik Melinjo Dan Nugget Jantung Pisang Hasil Olahan Mahasiswa KKN 45 UTM...

Keripik Melinjo Dan Nugget Jantung Pisang Hasil Olahan Mahasiswa KKN 45 UTM Siap Dipasarkan

SHARE
Mahasiswa KKN 45 UTM Saat Memaparkan Hasil Pengembangan Kripik Melinjo

Seputarjatim. co, Bangkalan-Melinjo menjadi komoditas utama bagi sentra industri rumah tangga di Desa Langkap, Kacamatan Burneh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Keripik melinjo mentah siap goreng merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari industry tersebut. Mereka biasa mendapatkan biji melinjo dari beberapa pemasok, kemudian dikupas, disangrai selanjutnya di-tette atau ditipiskan hingga membentuk emping lingkaran tipis dengan ukuran bervariasi.

Tahap terakhir dari proses pembuatan emping yakni pengeringan di bawah sinar matahari, keripik melinjo mentah siap goreng yang sudah jadi biasanya mereka pasarkan sendiri di Pasar Baru, Desa Langkap. Proses pembuatan keripik melinjo yang ada masih dilakukan secara tradisional dan kurang adanya pengembangan lebih lanjut, sehingga harga jual dan peminatnya masih rendah.

Adanya program pengembangan produk serta pemasaran keripik melinjo dari kelompok 45 KKN Tematik UTM tahun 2018 diharapkan dapat meningkatkan nilai jual sehingga keuntungan yang diperoleh dapat lebih tinggi.
Sasaran program kerja ini yakni masyarakat sekitar Desa Langkap yang didominasi oleh para ibu rumah tangga, acara ini diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2018 di Balai Pertanian Desa Langkap.

Baca Juga:  50 Kepala Sekolah di Bangkalan Masih Dijabat PLT

“Selanjutnya kami berbagi cara pengemasan yang baik agar pemasaran produk yang dihasilkan dapat lebih mudah dan menjangkau wilayah yang lebih luas. Kemasan yang kami gunakan berupa kemasan ziplock ditambah dengan sticker desain kemasan pada bagian depan sehingga dapat lebih menarik,” Terang koordinasi KKN 45 UTM, Abi Dzar Giffary, Selasa (14/8/2018).

Menurutnya, prooduk yang dikembangkan itu hidak hanya dijual dalam bentuk keripik mentah namun juga bisa dijual dalam bentuk matang dengan berbagai varian rasa dan kemasan yang menarik konsumen.  Produk itu bisa juga dipasarkan pada toko-toko besar di berbagai wilayah.

Baca Juga:  Pengabdian Masyarakat 45 UTM Inovasikan Olahan Jantung Pisang Bagi Anggota PKK Sumedangan

“Biasanya daun pisang ini digunakan sebagai bungkus pepes, alas makan, bungkus lontong dan berbagai kebutuhan dapur lain, karena jenis pisang yang ditanam warga didominasi oleh pisang biji, maka Pisang jenis ini memiliki buah dengan daging yang dipenuhi oleh biji sehingga tidak dapat dikonsumsi,”kata dia.

Diketahui , jantung pisang mengandung banyak serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu jantung pisang juga kaya akan berbagai zat yang baik bagi kesehatan seperti fosfor, mineral, kalsium, vitamin B1 dan vitamin C. Jantung pisang menjadi salah satu bahan pangan yangg mengandung gizi yang paling komplit.

Jantung pisang juga sangat aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena bahan pangan ini kaya akan serat dan kandungan lemak yang sangat rendah sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. ( Redaksi).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here