Home Regional Komandan Lantamal V Hadiri Pencanangan Go Green Hospital di RSPAL dr. Ramelan...

Komandan Lantamal V Hadiri Pencanangan Go Green Hospital di RSPAL dr. Ramelan Surabaya

SHARE
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, SH., CHRMP menghadiri Pencanangan Go Green Hospital di RSPAL dr. Ramelan Surabaya (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Surabaya – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, SH., CHRMP menghadiri Pencanangan Go Green Hospital oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, MSi bersama RSPAL dr. Ramelan dan Rumah Sakit Jejaring di Provinsi Jawa Timur, Jumat (29/11/2019).

Acara ini digelar di halaman RSPAL dr. Ramelan Surabaya, dihadiri Gubernur Jawa Timur, Pangarmada ll Laksda TNI Heru Kusmanto, Dankodiklatal Laksda TNI Dedi Yulianto, Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, SH., CHRMP, Karumkital Laksma TNI dr. Samsul Hadi, para Karumkit wilayah Jawa Timur dan undangan lainnya.

Gubernur Jatim membuka pencangan Go Green Hospital dengan ditandai penekanan tombol sirine dan pelepasan puluhan burung merpati.

Menurut Kepala RSPAL dr. Ramelan, Penerapan rumah sakit ramah lingkungan (green hospital) di indonesia saat ini telah berkembang menjadi pendekatan sisi baru dalam pengelolaan rumah sakit.

Baca Juga:  Personel TNI Kerja Bakti Bersihkan Gereja di Kamal

“Pengoperasian dan pemeliharaannya akan senantiasa menerapkan prinsip keberlanjutan dan ramah lingkungan,” kata Kepala RSPAL dr. Ramelan.

Hal ini, sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang Undang No.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Setiap pembangunan harus memperhatikan lingkungan dan resiko terhadap kesehatan keberadaan rumah sakit dalam satu kesatuan ekosistem, ditengah issu dampak perubahan iklim dan pemanasan global serta degradasi lingkungan dipandang perlu bertanggung jawab atas keberlanjutan kualitas lingkungan, dan pemanfaatan sumber daya alam.

“Fasilitas penghijauan baik di lingkungan outdoor maupun indoor dengan desain yang bisa memberikan efek penyembuhan pasien, mengurangi efek stres dan menciptakan tanaman dengan fungsi relaksasi bagi pasien dan karyawan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pertanyakan Kasus, Puluhan Buruh Datangi PN Surabaya

Dalam mendukung kegiatan tersebut Rumkital dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit yang mempunyai luas lahan sekitar 22 hektar perlu melaksanakan penanaman pohon di dalam area Rumkital dr. Ramelan, sehingga memiliki ruang terbuka hijau yang bebas dari struktur bangunan dengan taman diatas permukaan tanah atau dibawah tanah.

Sementara itu Gubernur Jatim usai pembukaan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang digelar, “Ini dapat mendukung Indonesia sebagai paru-paru dunia, khususnya diwilayah Surabaya, dan JawaTimur,” lanjutnya.

Diharapkan Gubernur Jatim, pentingnya ruang terbuka hijau di kawasan rumah sakit, dan berharap apa yang sudah dicanangkan ini, bisa direalisasikan juga di rumah sakit lainnya diseluruh wilayah Jawa Timur. (hol/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here