Home Daerah Masih Digodok, UMK Bangkalan Direncanakan Naik 8,51 Persen

Masih Digodok, UMK Bangkalan Direncanakan Naik 8,51 Persen

SHARE
Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bangkalan, Titin Suhartini (Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) saat ini sedang menggodok kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten. Rencananya, kenaikan upah tersebut sebesar 8,51 persen, besaran tersebut merupakan patokan yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bangkalan, Titin Suhartini saat ditemui di ruang kerjanya, (30/10/2019). Ia menyampaikan, pemerintah telah menetapkan patokan kenaikan upah tiap daerah yakni 8,51 persen.

Baca Juga:  Komitmen Kabupaten Sampang Targetkan Batik Lokal Go Nasional

“Untuk kenaikan UMK itu berasal dari ketetapan pemerintah, Kemarin sudah dipastikan untuk kenaikan 8,51 persen,” ucapnya.

Meski telah ditetapkan, pihak Disperinaker masih akan melakukan rapat pleno bersama dewan pengupahan yang didalamnya melibatkan banyak pihak. Sebab, banyak faktor yang harus dipertimbangkan termasuk Inflasi Nasional, PDB dan lainnya.

“Kita harus melihat dari banyak faktor. Kita juga akan melakukan survey lapangan melihat harga kebutuhan pokok agar dapat seimbang dengan UMK,” tambahnya.

Baca Juga:  Hore!!! UMK Bangkalan Naik, Ini Besarannya

Diketahui, saat ini kabupaten Bangkalan memiliki nilai UMK 1.804.106 . Jika nantinya kenaikan tersebut resmi dilakukan, maka akan ada kenaikan UMK sekitar 144 ribu.

Titin menambahkan, penerapan UMK ini berlaku untuk semua perusahaan yang beroperasi di suatu daerah. Saat ini, di Bangkalan terdapat sekitar 200 perusahaan yang terdaftar dan beroperasi. (is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here