Home Hukum dan Kriminal Palsukan Akte Tanah, Notaris di Bangkalan Ditangkap Kejari

Palsukan Akte Tanah, Notaris di Bangkalan Ditangkap Kejari

SHARE
Salah Seorang Notaris Ditangkap Kejari Lantaran Diduga Palsukan Akte Tanah (Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan  – Pengacara sekaligus notaris Irwan Yudhiyanto ditangkap oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan karena telah terbukti melakukan pemalsuan akte tanah. Ia ditangkap saat berada di kantornya di Ruko Metro Jalan Pemuda Kaffa Bangkalan, Kamis (17/10/2019).

Kepala Kejari Bangkalan, Badrut Tamam menyampaikan, eksekusi ini dilakukan sebab Irwan telah terbukti melakukan pemalsuan akte tanah dan telah diputuskan bersalah sejak 2016 lalu. Meski bersalah, ia tak kunjung ditangkap dan masih melakukan aktifitas seperti biasa.

Baca Juga:  Seorang Istri di Madura Racun Suami Hingga Tewas Karena Selingkuh

“Hari ini kami berhasil melaksanakan eksekusi terpidana tindak pidana pemalsuan surat-surat sesuai dengan pasal 263 ayat 1 yg dilakukan berulang-ulang,” ucapnya.

Diketahui, praktik haram ini dilakukan oleh tiga rekan lain. Tiga rekan lainnya sudah di putuskan bersalah dan menjalani hukuman. Sedangkan Irwan, telah diputuskan bersalah tanggal 27 oktober 2016 lalu dengan hukuman penjara dua tahun.

“Ini perkara sudah lama, namun belum pernah di eksekusi. Maka kami selaku JPU, melakukan dan menjalankan penegakan hukum yang ada,” tuturnya.

Baca Juga:  Datangi Polres Bangkalan, TMSBB dan JSB Minta Polisi Proses Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Bupati

Dikatakan, tiga pelaku lain yang telah dihukum yakni Muhammad Sahari, Muhammad Hari Yamin dan Tjunaedy Wibowo. Motif pemalsuan surat tanah tersebut yakni digunakan untuk agunan peminjaman dana ke sebuah bank.

“Ada sepuluh korban dengan barang bukti tanda penerimaan uang , sertifikat tanah,serta surat legalisir sertifikat tanah,” jelasnya. (is/ah)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here