Home Advertorial Pamekasan Simpati Lansia, Mas Tamam: Pelayanan Harus Ikhlas dan Profesional

Pamekasan Simpati Lansia, Mas Tamam: Pelayanan Harus Ikhlas dan Profesional

SHARE
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama warga, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Sosial setempat meluncurkan program Simpati Lansia, di Pendopo Ronggosukowati, Selasa pagi, (15/06).

Launching program tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pamekasan, Baddut Tamam serta dihadiri oleh seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh tamu undangan. Usai dilaunching, Baddrut Tamam bersama rombongan mengunjungi kediaman dua lansia di Kelurahan Barurambat Kota, Pamekasan.

Pria yang akrab disapa Mas Tamam itu naik motor sembari membawa rantang berisi nasi untuk diberikan kepada lansia tak produktif. Dua lansia itu, Mainah (71) warga RT 05 RW 05 dan Ruk (65) warga RT 01 RW 01 Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan.

Ia mengatakan, melalui program tersebut, Pemkab Pamekasan akan memberi makan kepada lansia selama dua kali sehari. Makanan tersebut nantinya akan diantarkan langsung oleh Tim ke masing-masing rumah lansia.

Baca Juga:  Sidak Dua Gudang Tembakau, Bupati Pamekasan: Kita Ingin Bela Petani dan Pabrikan

“Ini bentuk kepedulian kita kepada lansia karena saat ini banyak lansia yang belum bisa memenuhi kebutuhan dasarnya,” ujar Mas Tamam.

Selain itu, Pemkab setempat juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan melalui Dinas Kesehatan. Layanan kesehatan itu diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Seluruh data lansia itu sudah melalui proses verifikasi dan validasi yang akurat.

“Jadi syaratnya harus lansia yang tidak produktif, yakni lansia hidup sebatangkara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif,” ujarnya.

Saat tiba di kediaman salah satu lansia, Mas Tamam disambut hangat warga Kelurahan Barurambat Kota. Mas Tamam kemudian mengambil nasi dan menyuapi salah satu lansia. Aksi itu sontak membuat salah satu tetangga sekitar berteriak.

“Mimpi apa semalam bu Ruk, kok sampai disuapi makan sama Pak Bupati,” ujar salah satu tetangga Ruk, saat menyaksikan Bupati menyuapi makan ke Ibu Ruk.

Baca Juga:  Tim Khusus Akan Pantau Penggunaaan DBHCHT di Pamekasan

Mas Tamam menegaskan, program tersebut merupakan gagasan yang luar biasa. Untuk itu Ia meminta pelayanan tersebut harus dengan rasa ikhlas dengan kerja profesional. Ada 400 lansia di 13 kecamatan yang akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas dua kali sehari.

Usai menyapa keduanya, politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu kemudian menyuapi orang-orang sepuh itu seraya mendoakan mereka agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Baginya, menatap lansia seolah mengingatkan pada ibunya sendiri.

“Saya merasa seperti ibu sendiri, menyuapi orang sepuh itu bukan hanya sekarang. Terutama kepada umi saya di rumah,” kata Mas Tamam. (adv/Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here