Home Daerah Pemilihan DPD Dinilai Tertutup, DPMD dan Pemkab Bangkalan Didemo

Pemilihan DPD Dinilai Tertutup, DPMD dan Pemkab Bangkalan Didemo

SHARE
Puluhan Orang Melakukan Aksi Unjuk Rasa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemkab Bangkalan (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Proses pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di sejumlah wilayah masih amburadul. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat mendemo Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Jumat (13/09/2019).

Dalam tuntutannya, masyarakat meminta DPMD memberikan sosialisasi ke masyarakat desa langsung supaya proses pemilihan serentak pada 9 oktober nanti dapat dinikmati oleh seluruh rakyat bukan hanya oknum-oknum desa tertentu. Selain itu, mereka meminta untuk merevisi perbup karena dianggap masih prematur.

“Kami minta meminta proses pemilihan saat ini dihentikan. Selain itu, kami ingin Perbup di revisi dengan musyawarah oleh Bupati,” ucap Rahmad salah satu perwakilan warga Desa Lerpak Kecamatan Geger,Bangkalan.

Baca Juga:  8 Desa Ikuti Uji Kompetensi Cakades di UTM

Menanggapi hal tersebut, Amir Lutfi Kabid Pemerintahan Desa meminta para pendemo menuliskan desa mana saja yang tidak melakukan proses BPD sesuai prosedur. Ia berjanji, akan menegur dan mendiskusikan dengan hal tersebut dengan Camat Dan Kades terkait.

“Silahkan pengaduan-pengaduan tersebut dilaporkan secara tertulis kepada kami. Selanjutkan kami akan menangani hal tersebut. Dan untuk revisi Perbup akan kami sampaikan nanti pada Bupati,” ucapnya.

Baca Juga:  Upaya Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Bangkalan MoU Dengan Pihak Swasta

Ia mengakui, sosialisasi tidak bisa dilakukan hingga masuk ke desa langsung. Sebab, terbatas oleh anggaran. Namun pihaknya telah melakukan Bimtek yang dihadiri oleh dua perwakilan desa beberapa waktu yang lalu.

“Untuk turun langsung, kita tidak memiliki anggaran yang cukup. Makanya kami butuh masukan jika masih ada desa yang belum menjalankan proses tidak sesuai dengan peraturan yang ada,” tambahnya. (is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here