Home Peristiwa Sempat Ricuh, Mahasiswa Ditemui Pimpinan Dewan, Ini Kesepakatannya

Sempat Ricuh, Mahasiswa Ditemui Pimpinan Dewan, Ini Kesepakatannya

SHARE
Aliansi Mahasiswa UTM Ditemui Pimpinan Dewan dalam Aksi Unjuk Rasa Menolak RUU KUHP dan UU KPK di Pertigaan Pos Polisi Halim Perdana Kusuma (Foto:Pojoksuramadu.com)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan  – Demo penolakan revisi UU KPK dan RUU KUHP akhirnya berakhir damai walau sebelumnya sempat terjadi ricuh dan aksi bakar ban di depan kantor DPRD Bangkalan, Kamis (26/9/2019).

Aksi demo yang dimulai sejak jam 12.20 di depan kantor DPRD Bangkalan ini membawa sembilan tuntutan yang diantaranya, menolak revisi UU KPK, menolak RUU KUHP, meminta kasus pembakaran lahan di Riau diselesaikan, tagih janji presiden usut tuntas kasus HAM dan Papua.

Selain itu,  massa juga meminta transparansi Daftar Inventaris Masalah (DIM), sahkan revisi UU ketenagakerjaan versi rakyat, sahkan RUU PKS, menolak seluruh RUU kemasyarakatan, menolak tindakan represif aparat kepolisian terhadap aksi demokrasi.

Baca Juga:

Gelombang Penolakan RUU KUHP dan UU KPK, Mahasiswa UTM Duduki Suramadu Hingga Kantor Dewan

Baca Juga:  Puting Beliung Ganas di Bangkalan Rusak Puluhan Bangunan, Tiang Listrik Hingga Kendaraan

Demo Depan DPRD Ricuh, Polisi Tembakan Water Cannon dan Gas Air Mata

Kepung Kantor DPRD Bangkalan, Massa Memaksa Masuk Kantor Dewan

Setelah menyampaikan orasinya, masyarakat meminta masuk dan menduduki gedung DPRD Bangkalan. Namun, keinginannya tidak diterima dan pihak dewan meminta 20 perwakilan untuk masuk untuk berdiskusi, permintaan tersebut kembali di tolak pihak pendemo.

Aksi bentrok sempat terjadi, meski akhirnya massa mundur dan memilih membakar ban didepan gedung DPRD. Tak hanya membakar ban, massa juga memblokade akses jalan dari gedung dewan hingga pertigaan pos polisi ringroad di Jalan Halim Perdana Kusuma.

Massa terus melakukan aksi tersebut hingga sore hari. Akhirnya 29 anggota DPRD mendatangi massa di luar dan mengajak untuk berdiskusi. Massa kemudian menuntut para anggota dewan untuk menyepakati tuntutan mereka.

Baca Juga:  Gedung PUPR Surabaya Terbakar

“Kami cuma meminta bapak-bapak disini sepakat dan menyampaikan seluruh aspirasi kami ke DPR pusat,” ucap Rama, salah satu orator.

Hal itupun ditanggapi oleh pihak DPRD Bangkalan, Wakil Ketua DPRD bangkalan, Hosyan berjanji akan mengabulkan permintaan para pendemo. Bahkan ia mengucap sumpah tentang kesepakatan tersebut.

“Saya bersumpah demi Allah akan menyampaikan seluruh aspirasi adik-adik pada DPR RI. Kalau perlu kami akan kirimkan bukti penyampaian itu. Kami juga akan membuat penyataan diatas materai tentang kesepakatan itu,” tegasnya.

Mendengar hal tersebut, massa kemudian berjanji akan terus menagih kesepakatan yang dibuat. Akhirnya pada pukul 17.38 massa membubarkan diri dan arus lalu lintas menjadi normal. (Is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here