Home Politik Suket Virtual Jadi Alternatif Kehabisan Blanko, Disdukcapil: di Bangkalan Tak Berlaku

Suket Virtual Jadi Alternatif Kehabisan Blanko, Disdukcapil: di Bangkalan Tak Berlaku

0
SHARE
Kartu Tanda Penduduk (Foto:Istimewa)

Pojoksuramadu.com, Bangkalan – Banyaknya permintaan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Bangkalan membuat kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kehabisan blanko. Meski begitu, pihak Dispendukcapil tidak berinisiatif membuat surat keterangan (Suket) virtual.

Padahal suket yang ada sekarang dinilai tidak efektif. Suket berupa surat dalam selembar kertas utuh membuatnya tidak efektif untuk dibawa, jikapun bisa, suket harus dilipat agar dapat disimpan didalam dompet.

Baca Juga:  Usai Dilantik, Bupati Bangkalan Nyatakan Dukungan Kepada Jokowi-KH.Ma'ruf Amin

“Suket bentuknya besar, selembar kertas utuh. Kalau dilipat bisa mudah rusak, jika tidak dilipat bawanya ribet,” ucap Chusnul salah satu warga Bangkalan (3/10/2019).

Jika melihat daerah lain, di Surabaya menyediakan suket virtual berupa kertas seukuran KTP yang berisi biodata singkat dan juga barcode berisi data pemegang kartu yang bisa di scan.

Baca Juga:  Sudah Terbukti, Tidak Sekadar Janji, LMDH Dukung Gus Ipul

Menanggapi hal itu, Abdul Rozak Plt Dispendukcapil mengatakan terobosan itu tak digunakan di Bangkalan. Ia mengaku, suket virtual tidak bisa digunakan di daerah lain.

“Suket ya tidak ribet, bisa dilipat. Kalau yang virtual itu tidak bisa berlaku di daerah lain,” singkatnya. (is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here