Home Pendidikan Tahun Ini Disdik Bangkalan Akan Terapkan E-BOS Plus, Ini Keunggulannya

Tahun Ini Disdik Bangkalan Akan Terapkan E-BOS Plus, Ini Keunggulannya

0
SHARE
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika (Foto:Pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur akan terapkan sistem elektronik Belanja Operasional Sekolah atau E-BOS Plus. Sistem itu diharapkan mempermudah tugas pokok bagi para pendidik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika mengutarakan, ada baberapa item yang dapat dilakukan dalam sistem E-BOS Plus yaitu, rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS), buku kas umum (BKU) dan buku kas tunai.

“Bisa mengevaluasi kinerja program yang sudah dijalankan, misalnya ada program yang belum tercapai, atau ada yang program yang sudah tercapai itu bisa terus dipertahankan, ini terkoneksi dengan sistem yang ada di Disdik,”terang dia.

Baca Juga:  Demo PMII Di Pemkab Bangkalan Berakhir Ricuh

Selain itu, E BOS juga meliputi buku pembantu bank dan pembantu pajakpajak serta pembantu rincian obyek. Elektronik BOS ini juga meliputi surat permintaan pengesahan pendapatan dan belanja (SP3B).

“Kalau biasanya di sekolah itu semuanya sama, padahal ada yang standar prioritas yang tidak tercapai disitu, kadang ada banyak kepala sekolah yang belum faham, membuat kegiatan tanpa perencanaan,”kata dia.

Baca Juga:  HKN 2019, Dinkes Bangkalan Gelar Pengobatan Gratis dan Sunat Massal

Dia menambahkan, sistem E-BOS Plus itu juga dapat lebih mempermudah dalam memantau manejemen dan laporan pertanggungjawaban masing-masing sekolahsekolah serta sesuai aturan pelaksanaan BOS.

“Di E-BOS itu sudah ada perencanaannya, jadi tidak mungkin menyimpang dari itu, ada sebagian sudah diterapkan di beberapa kota dan kabupaten,”ungkapnya. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here