Home SURAMADU Tolak Pembebasan Lahan BPWS, Warga Labang Wadul Dewan

Tolak Pembebasan Lahan BPWS, Warga Labang Wadul Dewan

SHARE
Warga Labang Saat Audiensi dengan Komisi A DPRD Bangkalan (Foto:Istimewa)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Perwakilan warga Dusun Sekar Bungoh Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Bangkalan,Madura, Jawa Timur mendatangi komisi A DPRD setempat, Rabu (4/11/2019). Mereka melakukan pengaduan atas keberatan tentang pembebasan lahan yang dilakukan pihak BPWS.

Ibnu Abdillah, Ketua Kelompok Warga Sekar Bungoh menyampaikan ia dan warga dusunnya keberatan dengan adanya pembebasan lahan dari BPWS yang dinilai merugikan warga. Ia meminta BPWS tak membebaskan lahan mereka namun memberdayakan mereka sebagai masyarakat asli tersebut.

Baca Juga:  Komitmen Entaskan Kemiskinan, Bupati Pamekasan Tanda Tangani Nota Kesepakatan dengan BPWS

“Kami kesini menyampaikan aspirasi warga sekar bungoh tentang keberatan atas pembebasan lahan yang akan dilakukan oleh pihak BPWS, sebab kami tidak mau pindah. Ini tanah leluhur dan kami hanya ingin ditata bukan disuruh pergi,” ucapnya.

Dikatakan, dari jumlah total warga Desa Sukolilo Barat,kurang dari 10 persen warga yang mau dibebaskan lahannya. Sedangkan lainnya tetap mau menempati lahan tersebut.

“90 persen warga semuanya menolak. Kata BPWS kemarin cuma tiga warga itu bohong, kami semua menolak,” tegasnya.

Baca Juga:  Pria yang Loncat di Suramadu Jenazahnya Ditemukan

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Bangkalan, Ha’i mengatakan penolakan tersebut dipicu tidak meratanya sosialisasi yang dilakukan BPWS tentang penunjukan lokasi tersebut. Selain, keberatan warga juga karena tanah tersebut milik leluhur dan memiliki situs sejarah.

“Yang menjadi permasalahan karena ketika penerbitan penlok dilakukan, sebelumnya sosialisasi tidak merata. Dengan adanya pengaduan ini,maka kami akan melakukan koordinasi dengan BPN, Camat dan Kades setempat. Lalu setelah itu ke BPWS,” pungkasnya. (is/ah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here