Home Madura Universitas Trunojoyo Madura Terima 1.559 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN 2021

Universitas Trunojoyo Madura Terima 1.559 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN 2021

SHARE
Gedung rektorat Universitas Trunojoyo Madura, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Secara serentak, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada Senin (22/3).

SNMPTN merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan mengacu berdasarkan nilai akademik dan berdasarkan prestasi lainnya. Jalur ini mensyaratkan PTN minimum 20 persen dari total mahasiswa.

Sementara tahun ini, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menerima sebanyak 1.559 mahasiswa dari jalur SNMPTN.

Data yang diterima Pojoksuramadu.com, jurusan yang paling banyak diminati mahasiswa adalah Jurusan Ilmu Hukum dengan jumlah 120 mahasiswa, sementara urutan kedua adalah jurusan manajemen Fakultas Ekonomi sebanyak 92.

Kasubbag Humas Universitas Trunojoyo Madura, Taufikurrahman menyampaikan, mahasiswa yang lolos di jalur SNMPTN 2021 diwajibkan mengikuti tahap berikutnya, yaitu tahap pengisian data dan registrasi pada tanggal 5 – 19 April mendatang.

Baca Juga:  Sambut FKUB Jatim, Sekdakab Pamekasan Bahas Kerukunan Umat Beragama

“Semua tahapan penerimaan jalur ini sudah dilakukan sesuai prosedur, mahasiswa yang lolos tadi tinggal menunggu tahapan berikutnya, tunggu informasi,”kata dia, Selasa (23/3/2021).

Ia menjelaskan, bagi mahasiswa yang lolos jalur SNMPTN untuk menunggu informasi dan harus melakukan registrasi pada jurusan dan kampus yang telah dipilih. Sebab kata dia, calon mahasiswa yang lolos jalur ini secara otomatis tidak bisa masuk jalur manapun di kampus manapun di Indonesia.

“Jadi bagi yang lolos jalur SNMPTN, terecord di LPTMPT tidak bisa dijalur SBMPTN, kecuali di swasta dan jalur Mandiri,” Jelasnya.

Baca Juga:  Pegawai BPS di Madura di Bacok Saat Pergi ke ATM

Sementara bagi calon mahasiswa yang belum lolos jalur SNMPTN masih ada dua jalur lain, yaitu jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan slot 40 persen.

SBMPTN merupakan seleksi masuk calon mahasiswa yang mengacu pada ujian tulis berbasis komputer (UTBK) atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, LPMPT juga menyediakan jalur Mandiri bagi calon mahasiswa yang belum lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jalur ini menyediakan hingga maksimum 30 persen dari total mahasiswa yang akan diterima PTN. (Rilis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here