Home Kesehatan Waspada DBD, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sampang Himbau Masyarakat Lakukan ini

Waspada DBD, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sampang Himbau Masyarakat Lakukan ini

SHARE
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sampang, Dr. Indah Nur Susanti. (Foto: pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Sampang – Di musim hujan ini serangan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi hal yang perlu diperhatikan. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sampang, Dr. Indah Nur Susanti, menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

“Selama musim hujan siklus perkembangbiakan nyamuk semakin pesat. Biasanya jentik nyamuk akan tinggal di kaleng bekas, plastik kresek, tanaman hidropolis, wadah minum burung, tandon air. Tempat tersebut merupakan sarang jentik nyamuk berkembang biak, sehingga harus digalakkannya kegiatan kerja bakti ditingkat desa, kelurahan, RTdan RW, pengelolaan lingkungan akan bersih dengan cara 3 M ( Menguras, Menutup dan Mengubur),” jelas Indah, Kamis (02/01/2020).

Baca Juga:  Gedung Megah Puskesmas Sepuluh Diresmikan, Ini Pesan Bupati Bangkalan

Selain itu, masyarakat diminta kesadarannya agar lebih sering menguras bak mandi, selain itu juga menebar bubuk Abate di air, memelihara ikan cupang. Hal itu dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Dr. Indah Nur Susanti juga menuturkan bahwa upaya fogging atau penyemprotan yang dilakukan bukan merupakan solusi dalam melakukan pencegahan.

Baca Juga:  Keluarga Besar Dinkes Sampang Mengucapkan Dirgahayu RI ke 76

Pihaknya memaparkan apabila ada yang mengalami gejala DBD seperti tubuh lemas, demam, ruam dan nyeri sendi, maka dianjurkan untuk segera melakukan pengecekan labolatorium.

“Kalau dinyatakan DBD, maka harus dilakukan perawatan secepatnya, agar mendapat tindakan dari dokter, kepada pasien DBD untuk banyak meminum air dan banyak istirahat di tempat tidur Jangan lupa untuk meminum banyak air dan juga makan buah”. (Don/id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here