POJOK BLOGGER

#Sharing Dunia Blogging

Home

ic_fluent_news_28_regular Created with Sketch.

Berita

Wisata

Bisnis

Pendidikan

Keislaman

ic_fluent_phone_desktop_28_regular Created with Sketch.

Teknologi

ic_fluent_incognito_24_regular Created with Sketch.

Gaya Hidup

Sosial Media

Cara Mengganti Favicon Blogger Versi Terbaru

Cara Mengganti Favicon Blogger – Sekian lama para blogger menunggu pembaruan tampilan dari blogger hingga pada akhirnya google secara resmi telah meluncurkan tampilan blogger baru pada awalan 2020 lalu. Menurut beebrapa orang tampilan blogger terbaru ini sangat membingungkan para penggunaya.

Namanya juga blog gratisan dan status kita disana hanya numpang saja sama google. Beda halnya dengan wordpress yang sudah selfhost, Disana kita dapat dengan mudah mengcustom berbagai tampilan sesuai dengan yang kita inginkan.

Oke kita balik ke pembahasan, Dikarenakan blogger ini memiliki tampilan baru sehingga membuat para pengguna khususnya pemula masih bingung untuk mengganti tampilan favicon di blogger versi terbaru. Hal ini kemungkin di akibatkan karena para blogger baru ini membaca tutorial cara ganti favicon blogger yang sudah dipublikan sudah lama.

Favicon adalah sebuah icon kecil yang ditampilan pada saat pengguna internet melihat postingan blog kamu di internet. Logo icon ini akan ditampilkan pada bagian atas sebelah link blog kamu.

Secara defaul, Ciri khas logo Favicon blogger bawaan adalah huruf [B] dengan background warna orange. Nah sekarang kamu bisa ganti logo tersebut dengan logo brand ataupun icon blog kamu.

Cara Mengubah Favicon di Blogger Versi Baru

Di antarmuka tampilan Blogger versi baru ini ada banyak sekali perubahan yang terlihat. Salah satunya yakni pada bagian menu Tata Letak blog, yang berfungsi untuk mengatur layout template den beberapa setelan lainya.

Perubahan yang mencolok yakni untuk opsi mengubah favicon blog. Jika dahulu opsi untuk mengganti favicon blogger tersebut berada di bagian menu Tata Letak atau Layout. Tetapi di tampilan Blogger baru fitur tersebut sudah dihilangkan.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mengganti favicon default Blogger menjadi favicon buatan sendiri?

Tenang saja, fitur untuk mengubah favicon di blogspot tersebut masih tetap ada kok, hanya letaknya yang di dipindah. Penasaran dengan cara mengganti favicon di Blogger versi baru ini? Simak selengkapnya dibawha ini.

Cara Ganti Logo Favicon Blogger dengan Logo Sendiri

Sebenarnya cukup mudah untuk mengganti favicon di Blogger tampilan baru. Hanya saja beberapa pengguna agak kebingungan karena memang letaknya tidak sama seperti Blogger versi klasik atau lama. Karena masalah inilah saya mencoba membahasnya pada artikel kali ini.

Namun, sebelum lanjut ke cara ganti favicon blog di Blogger baru, sebaiknya ketahui dulu apa saja syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Favicon harus dalam format PNG, JPG, ICO, ataupun GIF.
  • Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100kb.
  • Bentuk favicon harus persegi (square) dengan rasio yang sama. Sebagai contoh, ukuran default 16×16 pixel.
  • Agar favicon backgroundnya transparan, maka disarankan untuk menggunakan format PNG atau GIF (favicon bergerak).

Kalau beberapa syarat dan ketentuan di atas sudah dipahami, sekarang lanjut ke langkah-langkah untuk mengganti favicon di blog pribadi. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kunjungi situ Blogger dan login dengan menggunakan akun pribadimu.
  2. Pada blog yang ingin diubah faviconnya, selanjutnya kamu klik pada menu Setelan atau Settings yang ada di sisi kiri tampilan.
  3. Di bagian bawah opsi untuk menambahkan ID Properti Google Analytics, di sana ada opsi Favicon.

Ukuran Favicon Blogger Versi Terbaru

Membuat Favicon sama mudahnya seperti membuat logo untuk blog. Di sini kamu bisa memanfaatkan software khusus untuk editing logo agar lebih mudah untuk membuatnya. Bisa mengguakan adobe photoshop, adobe ilustrator, corel draw.

Berikut ini langkah-langkah membuat logo dan favicon blog dengan Adobe Photoshop CS selengkapnya.

  1. Install Photoshop
  2. Buka photoshop
  3. Buat layer baru dengan ukuran 24×24 px.
  4. Desain logo favicon blog kamu disana.
  5. Jika sudah selesai simpan dengan format .png
  6. Buka blogger > Settelan
  7. Lalu upload gambar favicon yang sudah kamu desain tadi.

Dihasil pencarian google logo favicon anda tidak akan langsung berubah. Melainkan butuh waktu 2 sampai 5 hari bergantung seberapa sering idex crawl blog yang di lakukan google.

Baca juga : Apa itu WordPress, Kelebihan dan Kekuranganya

Kesimpulan :

Blogspot merupakan platform blogging yang disediakan secara gratis. Salah satu cara membuat kita berbeda dengan pengguna blogspot lainya adalah mengganti logo favicon blogspot tersebut.

Mengganti Logo Favicon di Blogspot ini tidak membuat SEO blogspot anda akan lebih baik ataupun lebih buruk, Hanya saja nilai ini merupakan nilai tambahan untuk menjadikan blog anda unik di hasil pencarian google.

Itulah tadi cara mengganti favicon di Blogger versi baru yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadi, supaya CahDeso bisa terus memberikan informasi menarik untuk kalian semua.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer