POJOK PEDIA

#Berpendidikan

Home

ic_fluent_news_28_regular Created with Sketch.

Berita

Wisata

Bisnis

Pendidikan

Keislaman

ic_fluent_phone_desktop_28_regular Created with Sketch.

Teknologi

ic_fluent_incognito_24_regular Created with Sketch.

Gaya Hidup

Sosial Media

Hikmah Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Niat dan Jadwalnya

Sebentar lagi kita akan sampai pada bulan yang ditunggu-tunggu oleh orang muslim, yakni bulan ramadhan. puasa ramadhan 2023 akan menjadi sangat sepesial bagi orang yang beriman karena dalam puasa ramadhan memiliki banyak sekali hikmah yang bisa dirasakan.

Namun sebelum saya membahas lebih jauh terkait puasa ramadhan 2023 izinkan saya terlebih dahulu membuat secangkir kopi biar pembahasannya lebih berkualitas.

Baiklah semua sudah lengkap, saatnya saya melanjutkan pembahasan terkait puasa ramadhan 2023 yang sebentar lagi akan kita laksanakan.

Pengertian Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan adalah rukun Islam yang ke 4 yang dilaksanakan oleh umat muslim selama satu bulan penuh.

Untuk memahami pengertian puasa secara mendalam silahkan anda lanjutkan membaca karena membaca adalah kebiaaan orang yang memiliki kualitas yang hebat.

Pengertian Puasa ramadhan adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan cara menahan diri dari makan dan minum serta menahan diri dari perbuatan buruk lainnya, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Jika anda bertanya adakah anjuran untuk melaksanakan puasa ramdhan?

jawabannya tentu saja ada. Ada beberapa ayat al-qur’an dan hadist nabi yang menganjurkan kita serta memerintahkan kita untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Salah satunya adalah Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَءَامَنُواْكُتِبَعَلَيۡكُمُٱلصِّيَامُكَمَاكُتِبَعَلَىٱلَّذِينَمِنقَبۡلِكُمۡلَعَلَّكُمۡتَتَّقُونَ

Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183).

Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa ramadhan merupakan salah satu rukun puasa yang harus kita lafalkan terlebih melafalkannya menggunakan hati. Jika anda tidak membaca niat puasa maka tentu saja puasa kita tidak sah.

Jika anda belum hafal niat puasa ramadhan dengan bahasa arab tentu saja anda bisa membaca niat puasa dengan menggunakan bahasa yang anda bisa baik bahasa Indonesia bahasa Ingris atau bahasa daerah seperti bahasa Jawa, bahasa Madura dan lain sebagainya.

adapun niat puasa ramadhan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.

Jawal Puasa Ramadhan 2023

Puasa ramadhan 2023 tanggal berapa? Pertanyaan yang sangat menarik, ketika anda bertanya kapan puasa ramadhan dilaksanakan maka akan ada beberapa versi untuk menjawabnya.

jadwal Puasa ramadhan versi pemerintah menjadi suatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim hampir diseluruh Indonesia.

Kenapa saya menggunakan diksi “hampir”? karena memang tidak semua ormas yang ada di Indonesia mengikuti jadwal yang ditentukan oleh pemerintah. 

Pemerintah dalam menentukan jadwal puasa ramadhan menggunakan metoda melihat hilal yang kemudian akan dilakukan sidang isbat, dan hasil sidang isbat tersebut kemudian akan di umumkan kepada semua umat Islam di Indonesia.

Jika kita melihat jadwal puasa ramadhan menurut kalender yakni jatuh antara tanggal 22-23 Maret 2023.

Walau pemerintah belum merilis jadwal puasa secara resmi, Namun organisasi terbesar kedua di Indonesia yakni Muhammadiyah sudah menetapkan jadwal puasa ramadhan 2023.

Adapun menurut Muhammadiyah puasa ramadhan di tahun ini akan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Baca juga: 5 Keutamaan Membaca Istighfar

Hikmah Puasa Ramadhan

kenapa diawal saya katakan jika bulan puasa menjadi bulan yang sangat dinanti oleh orang muslim? Karena di bulan ini segala ibadah pahalanya akan dilipat gandakan, selain itu puasa ramadha juga memiliki hikmah yang jangan sampai kita lewatkan.

Adapun Hikmah Puasa Ramadhan sebagai Berikut:

1. Meningkatkan Taqwa

Hikmah pertama yang bisa kita petik dari adanya bulan ramadhan adalah menjadi tempat kita untuk meningkatkan taqwa kepada Allah.

Memang meningkatkan takwa tidak hanya dengan berpuasa saja masih banyak cara lain. Namun saya sayrankan dibulan puasa anda lebih mendekat dengan Allah dengan cara meningkatkan rasa takut pada Allah

2. Bukti Ketaatan Pada Allah

Bulan puasa adalah momentum kita untuk membuktikan pada Allah dengan cara menjalankan puasa dengan sungguh-sungguh .

Dalam Islam puasa merupakan ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim oleh karenaya jangan sia-siakan bulan yang satu ini.

3. Meningkatkan sosial kita

Dibulan ramadhan kita dianjurkan oleh Allah untuk memperbanyak sedekah, seperti 

yang kita ketahui orang yang mau bersedekah adalah orang yang memiliki kepribadian yang berkualitas karena dalam diri orang tersebut telah tertanam jiwa sosial yang terbaik.

4. Menjadi Manusia Qur’ani

Dalam Bulan puasa ramadhan kita mengenal istilah bulan sahrul quran yang berarti bulan diturunkannya Al-Qur’an

Oleh karenanya dibulan puasa ramadhan ini mari kita perbanyak membaca Al-Qur’an. Semakin banyak anda membaca maka akan semakin besar anda akan menjadi manusia qur’ani.

5. Menjadi Lebih Penyabar

Hikmah selanjutnya dari bulan ramadhan adalah melatih kita menjadi orang yang lebih sabar dalam hidup.

Kesabaran seseorang merupakan cerminan dari iman yang dimilikinya. karena dalam keimanan terdapat dua hal yang sangat berarti yakni kesabaran dan kesyukuran.

Demikian tulisan saya terkait hikmah, niat dan jadwal puasa ramadhan 2023 ini. Mari bersama sama kita tingkatkan semangat untuk terus menjadi orang yang berkualitas dengan cara meningkatkan keimanan kita dengan cara menjalankan puasa ramadhan di tahun 2023 ini dengan serius dan perbanyak ibadah tambahan lainnya.

Seperti membaca Al-Qur’an, Sedekah dan lain sebagainya karena dibulan ramadhan ini Allah melimpahkan segala pahala dan menutup pintu dosa bagi orang islam yang beriman.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer