POJOK SURAMADU

#Inspirasi For You

Home

ic_fluent_news_28_regular Created with Sketch.

Berita

Wisata

Bisnis

Pendidikan

Keislaman

ic_fluent_phone_desktop_28_regular Created with Sketch.

Teknologi

ic_fluent_incognito_24_regular Created with Sketch.

Gaya Hidup

Sosial Media

Bazar Kewirausahaan Mahasiswa Yang Diselenggarakan Oleh Mahasiswa MBKM KKN-T dan HIMASURA di Desa Kamal

Bangkalan, Minggu 19 November 2023, Mahasiswa MBKM  KKN-T Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian Universitas, Trunojoyo Madura melaksanakan kegiatan bazar kewirausahaan bersama HIMASURA. 

Bazar Fishery Party 2023 dengan tema ‘’Revolution Himasura in Lenora’’ ini bekerja sama dengan mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan dengan bergabung pada acara bazar  untuk memeriahkan acara. 

Bazar kewirausahaan dilakukan oleh sejumlah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pelatihan kewirausahaan dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa kedepannya dalam merintis usaha sampingan dan menghasilkan produk usaha yang dapat dikembangkan.

Tim MBKM KKN-T Manajemen Sumberdaya Perairan terdiri dari 3 mahasiswa yakni Tarisa Sholikha Wati, Nisrina dan Rahman yang dibimbing oleh 3 dosen yang sangat hebat dan luar biasa yaitu Bapak Dr. Haryo Triajie, S.Pi., M.Si, Ibu Indah Wahuni Abida, S.Pi., M.Si dan Bapak Dr. Firman Farid Muhsoni, S.Pi., M.Sc. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Koordinator Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Bapak Abdus Salam Juanedi, S.Si., M.Si.

Bazar di lakukan di Perumahan Villa Talon Permai dimulai pukul 06.00 dengan kegiatan senam bersama ibu-ibu dan acara pembukaan bazar dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. 

Acara event yang yang digelar pada acara bazar meliputi stand kuliner produk makanan, lomba senam kategori ibu-ibu, lomba plating makanan kategori ibu-ibu dan lomba tebak gambar kategori anak-anak. 

Plating makanan termasuk lanjutan dari acara ibu-ibu sebelumnya yaitu pengolahan hasil perikanan yang dilaksanakan pada Hari Minggu, 12 November 2023. 

Ibu-ibu sangat antusias dalam melakukan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan berjalan dengan sangat baik.

Bazar ‘’Revolution Himasura in Lenora’’ dihadiri oleh beberapa dosen yakni Bapak AB. Chandra., S.Si., M.Si, Rizka Rahmana Putri., M.Agr, Moh. Sholeh., S.Pi., M.Sc dan Bapak Abdus Salam Junaedi., S.Si., M.Si selaku koordinator Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan dan selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan. 

Kegiatan bazar ini mendapat apresiasi yang sangat baik oleh masyarakat sekitar Perumahan Villa Talon Permai, sehingga dapat dikategorikan sebagai kegiatan yang meriah.

Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan menjadi peserta bazar dengan menjual produk makanan yang berkaitan dengan hasil perikanan yakni olahan ikan.

Produk olahan ikan yang di produksi meliputi dimsum, wonton (bandeng, udang), nasi cokot (tongkol), nugget ikan tongkol, siomay (udang), nasi bakar (tongkol) dan spring roll (bandeng). 

Baca juga : TIM MBKM KKN-T Universitas Trunojoyo Madura Berikan Edukasi Stunting Kepada Masyarakat di Desa Durbuk

Semua makanan yang di bazarkan oleh mahasiswa habis terjual karena rasanya yang tidak mengecewakan. Mahasiswa yang mempromosikan produk jualan pada acara bazar tersebut dapat menarget hasil penjualannya dengan baik.

Menurut Muza selaku Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan menjelaskan bahwa hasil jualan produk olahan ikan yakni wonton, mendapatkan kritik yang sangat baik oleh para pembeli baik dari mahasiswa sendiri ataupun dari ibuk-ibuk yang menghadiri pada acara bazar. 

Bumbu wonton memiliki varian level 1-3  dan rasa yang disukai oleh kalangan muda dan ibu-ibu, sehingga dapat menjadi daya tarik pembeli untuk mencobanya.

‘’Penjualan wonton udang dan bandeng pada acara bazar mencapai 40 porsi dengan harga 10.000 saja. Modal yang dikeluarkan untuk memproduksi wonton sekitar 200.000, sehingga penjualan wonton menghasilkan keuntungan 2 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Daging bandeng dan udang menggunakan kualitas yang baik, sehingga rasa wonton yang dihasilkan sangat enak dan memuaskan’’, jelasnya.

‘’ Produk olahan ikan yang dihasilkan oleh mahasiswa memiliki keunikan dan daya tarik yang beragam, sehingga prospek penjualan produk hasil perikanan dapat dikembangkan dengan keuntungan yang sangat besar. Hasil budidaya perikanan khususnya ikan, memiliki nilai gizi protein yang baik dan apabila dijadikan sebagai olahan makanan dapat menjadi daya tarik semua kalangan, baik anak-anak, remaja ataupun ibu-ibu ’’, ucap Tarisa selaku perwakilan dari tim MBKM KKNT MSP.

‘’Harapannya kegiatan bazar kewirausahaan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi mahasiswa Manajemen Sumber Perairan terkait dengan olahan ikan untuk dijadikan sebagai suatu usaha yang dapat dikembangkan kedepannya. Kegiatan suatu usaha diawali dengan pelatihan dalam membuat suatu produk olahan yang akan di kembangkan, sehingga mata kuliah kewirausahaan ini dapat dijadikan sebagai pelatihan, pengolahan dan percobaan dalam memulai ide usaha mahasiswa untuk kedepannya’’ kata Bapak Abdus Salam Juanedi, S.Si., M.Si..

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer