Home Uncategorized Gebrakan Mas Tamam untuk Produk WUB dan UMKM di Pamekasan (3)

Gebrakan Mas Tamam untuk Produk WUB dan UMKM di Pamekasan (3)

SHARE
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Pengurus Kamar Dagang Industri saat melihat produk WUB dan UMKM Lokal (Prokopim)

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Program wirausaha baru (WUB) gagasan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dibawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam menuai pujian. Salah satunya dari Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin), Jawa Timur, Adik Dwi Putranto.

Menurutnya, gagasan apik lewatWUB sudah berhasil memberdayakan warga, dan menciptakan lingkungan berwirausaha yang produktif untuk menyokong sektor perekonomian, terlebih di masa pandemi Covid-19. Pogram WUB selaras dengan gagasan Kadin lewat program “Rumah Kurasi” yang akan membantu produk UMKM menjajal pangsa pasar hingga mancanegara.

“(WUB) ini selaras dengan program kita dalam pencanangan tiga ribu wirausaha yang handal,” terangnya saat menghadiri pengukuhan pengurus Kadin Pamekasan 2021-2026, Jumat (17/09).

Ia menilai, gagasan hebat Bupati Baddrut Tamam ini dinilai akurat dalam mendongkrak laju ekonomi di masa pandemi. Untuk itu ia meminta agar Kadin Pamekasan berkolaborasi dengan Pemkab Pamekasan, guna menciptakan iklim usaha yang penuh dengan inovasi, kreativitas, dan produktivitas.

“Harus ada kolaborasi dengan Pemkab Pamekasan, artinya menciptakan pengusaha baru yang handal,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, saat ini Pemkab Pamekasan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Perwakilan BPSDMP Kominfo Surabaya, bakal mengadakan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA).

Baca Juga:  Banjir Rob Landa Desa Kotasek Pamekasan

Program ini digelar dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Pendaftaran itu dibuka sejak tanggal 3 hingga 20 September mendatang. Pelatihan nantinya akan digelar selama 2 hari secara tatap muka, yakni pada hari selasa dan rabu (21-22) September 2021. Mengingat banyaknya anemo pendaftar di tengah pandemi, maka panitia akan membatasi 150 peserta untuk pelatihan kali ini.

“Bisnis itu yang dikerjakan, bukan yang dihayalkan. Melangkah satu kali lebih baik dari pada menghayal seribu kali,” ungkapnya.

“Tunggu apa lagi, yuk joint program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) agar spirit berwirausaha kita semakin kuat dan impian menjadi pengusaha sukses segera terwujud,” sambungnya.

Sekedar informasi terkait dengan cara pendaftaran peserta, telah tersedia cara digital dengan link khusus di komin.fo/DEA2-MULAIPAMEKASAN dan komin.fo/DEA2-WIRAUSAHAPAMEKASAN. Nantinya, para peserta yang mendaftar tinggal memilih kelas pelatihan yang diminati diantara dua kelompok itu.

Baca Juga:  KPU Bangkalan Mulai Mendata Orang Gila Untuk Masuk DPT Pemilu 2019

Selain itu, Mas Tamam juga menyalurkan CSR dari beberapa perusahaan di Bumi Gerbang Salam untuk menyokong WUB dan UMKM Lokal. Terhitung sejak 12 Agustus Hingga 08 September 2021, ada enam perusahaan meliputi, PT Garam Persero, PT Pegadaian, Bank Jatim, PT Taspen Persero, Bank Mandiri, dan Bank BNI yang sudah menyalurkan CSR-nya untuk mendukung Industri Kecil Menengah (IKM) di Pamekasan.

“Butuh kerjasama untuk membangun sektor perekonomian di Pamekasan, sebab saya tak bisa bekerja sendirian,” terangnya.

Selain bantuan alat-alat produksi yang diperoleh dari dana CSR, Pemkab Pamekasan juga memberikan pinjaman modal dengan bunga nol persen, pinjaman tersebut bisa diajukan oleh para pelaku usaha dengan sejumlah perbankan yang menjadi mitra Pemkab Pamekasan. Tak hanya itu Pemkab Pamekasan juga bakal membantu dalam pemasaran produk baik secara online ataupun offline.

“Kalau saat ini produk kita seperti rengginang, olahan rumput laut, hingga sepatu batik itu sudah bisa menembus pangsa pasar di luar Madura bahkan luar negeri,” ujarnya. (Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here