Home Religi Islam Menjawab! Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peran Istri

Islam Menjawab! Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peran Istri

SHARE
Ilustrasi gambar pernikahan Citra Kirana dan Rizki Aditya (Foto: instagram citraciki)

POJOKSURAMADU.COM.-” Benar pepatah yang mengatakan “Dibalik sukses suami, ada peran istri hebat disampingnya”. Dalam ajaran Islam pun demikian.

Tidak sekedar urusan kasur, dapur, dan sumur. Seorang istri harus mampu berperan menggiring kesuksesan suaminya dengan seni yang cerdas berasaskan syariat Islam.

Allah pun dalam firman-Nya menegaskan bahwa “Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karenanya, Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka laki-laki telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu, maka wanita yang shalihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tak ada (QS. An-Nisa'[4]:34).

Dr. Muhammad Ali al-Hasyimi dalam buku Syakhshiyyah al-Mar’ah al-Muslimah menuliskan beberapa  sifat yang harus dimiliki seorang muslimah sebagai istri yang baik.

1. Taat kepada Allah dan Rasul-Nya
Rasulullah SAW bersabda, “Jika seorang istri telah menunaikan shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya dan taat pada suaminya, maka akan dipersilahkan kepadanya memasuki surga dari pintu manapun yang ia sukai.” (HR.  Ibnu Hibban, Ahmad dan Thabrani, dibenarkan oleh Albani).

Baca Juga:  Pukul Istri Hingga Berdarah, Pria ini Dijebloskan ke Penjara

2. Seorang istri memperlakukan dirinya melalui tiga prioritas.
Aspek ruhani, bagaimana ia mampu membentengi dirinya dengan iman dan akalnya selalu menuntut untuk ilmu pengetahuan. Aspek fisik, bagaimana ia mampu menjaga kebersihan badannya dan menjauhi makanan yang haram.  Serta aspek akhlak,bagaimana ia menjaga perilakunya agar tetap sesuai dengan syariat Islam.

3. Patuh kepada orang tua dan suami

4. Pendidikan anak
Mendidik anak dengan tarbiyah imaniyah dan khuluqiyah kepada anak sejak dini.  Menjadi uswah dan qudwah sejati bagi mereka,  memberikan kasih sayang dan mencetak generasi muslim yang kaffah.

Baca Juga:  Jelang Perayaan Natal, Polsek Semampir Gelar Patroli Sterilkan Gereja

5. Menyambung silaturahmi yang dengan keluarga maupun teman.

6. Berakhlaq karimah dalam lingkungan sosial.

7. Sabar,  ikhlas, qana’ah dan istiqamah menjadi hal terpenting yang harus tertanam dalam diri seorang perempuan yang baik.
Sabar dalam menjalani kehidupan,  bersikap tenang, dan tidak tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu,  ikhlas menjalani pahit manis kehidupan, serta qana’ah dan istiqamah menerima suami dengan keterbatasan dan keadaan ekonomi apa adanya. Hingga istri tidak menuntut apapun di luar kemampuan suami.

Oleh karena itu, peran istri sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan suaminya.  Tidak hanya suami, bahkan ia sebagai seorang wanita juga berperan dalam menentukan baik tidak nya suatu bangsa.

Seperti syair Arab yang mengatakan bahwa,  perempuan adalah tiang negara. Apabila Perempuan nya baik Maka baik pula   dan apabila perempuan nya rusak (amoral) maka rusaklah bangsa tersebut. (Wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here