Home Peristiwa Polres Bangkalan Evakuasi Bangkai Ikan Paus Pilot Dipesisir Pantai Modung

Polres Bangkalan Evakuasi Bangkai Ikan Paus Pilot Dipesisir Pantai Modung

SHARE
Satpolairud Saat Melakukan Evakuasi Bangkai Ikan (foto : Istimewa)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Polres Bangkalan evakuasi bangkai ikan paus pilot di pesisir pantai Dusun Beton, Deda Patereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

Sebanyak 47 ikan paus jenis pilot dari total 50 ekor yang terdampar ditemukan dalam kondisi mati, 3 diantaranya dilakukan upaya penyelamatan didorong ketengah laut.

Kasubag Humas Polres Bangkalan, Iptu Arif Dj memaparkan bahwa pihaknya melakukan evakuasi bersama tim (TNI, POLRI, BPSPL dan BPBD) terhadap ikan paus yang terdampar yang sudah mati.

Baca Juga:  Pasutri Tewas di Surabaya Tertimpa Pohon

“Lokalisir terhadap posisi ikan-ikan paus yg masih tersebar di sepanjang pesisir pantai dan autopsi terhadap beberapa ikan paus yang mati,” paparnya.

Menurutnya analisa awal penyebab terdamparnya 50 ekor ikan tersebut diduga 1 diantaranya yang terdampar lebih awal karena terbawa arus angin laut yang kencang.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim kedokteran hewan Unair dan petugas BPSPL diduga hanya satu yang terdampar. Kemudian karena paus merupakan hewan yang hidup berkelompok dan memancarkan sonar satu sama lainnya, sehingga ketika ada salah satu dari kelompoknya tertinggal maka kelompok tersebut akan mencari pancaran sonar tersebut hingga 40 hari,” imbuh Arif.

Baca Juga:  Seorang Nenek di Sampang Ditemukan Tewas di Dalam Sumur

Akan tetapi hasil lengkap penyebab terdamparnya ikan paus pilot tersebut masih menunggu hasil autopsi oleh pakar yang membidangi dan tim pakar dari Unair.

“Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan instansi terkait,” tandasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here