POJOK SURAMADU

#Inspirasi For You

Home

ic_fluent_news_28_regular Created with Sketch.

Berita

Wisata

Bisnis

Pendidikan

Keislaman

ic_fluent_phone_desktop_28_regular Created with Sketch.

Teknologi

ic_fluent_incognito_24_regular Created with Sketch.

Gaya Hidup

Sosial Media

Antusiasme Siswa SD Negeri 1 Kamal Dalam Sosialisasi Pengurangan Penggunaan Plastik

CO ENSIS (Community of Environmen Suistainably) bersama dengan Mahasiswa MBKM Magang Industri ECOTON, Mahasiswa MBKM KKNT Kamal dan Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Trunojoyo Madura melakukan sosialisasi kepada para siswa SDN 1 Kamal, Bangkalan, Madura.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik khususnya di sekolah dan untuk mengenalkan bahaya sampah plastik di lingkungan sekitar.
Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan materi terlebih dahulu tentang sumber sampah plastik, bahaya yang dapat ditimbulkan dari adanya penumpukan sampah plastik dan solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi sampah plastik. Sumber sampah plastik dapat berasal dari penggunaan kantong plastik, bungkus makanan, botol minuman, gelas plastik dan lain sebagainya.

Bahaya sampah plastik menyebabkan berbagai permasalahan baik di lingkungan maupun pada tubuh manusia. Bahaya yang dapat ditimbulkan jika sampah plastik sudah semakin banyak diantaranya yaitu sampah plastik yang telah masuk ke badan dapat meningkatkan jumlah mikroplastik, mikroplastik yang ada diperairan dapat termakan oleh biota perairan, megurangi jumlah oksigen yang masuk ke perairan yang dimana akhirnya mengakibatkan spesies biota perairan terutama ikan akan mengalai penurunan setiap tahunnya.

Bahaya sampah plastik bagi tanah diantaranya dapat mengurangi kesuburan tanah, menyebabkan banjir karena air tidak dapat meresap ke tanah dan mengeluarkan bau tidak sedap. Sampah plastik apabila dibakar masih akan menimbulkan dampak lain diantaranya yaitu mengakibatkan sesak nafas, mata menjadi iritasi dan polusi udara.

Manusia juga dapat terkontamnasi mikroplastik salah satu penyebabnya dari ikan yang kita makan dan air minuman dari botol kemasan yang kita minum sehari-hari.

“Seru ada video nya juga jadi aku gak bosen waktu kakaknya nerangin dan dapat hadiah juga” Ujar Suci salah satu siswa Kelas 3 SDN 1 Kamal.

“Menurut saya bagus, jadi anak-anak lebih faham lagi karena memang sekarang ini bungkus makanan itu semuanya serba plastik. Tahun depannya lagi mungkin semoga ada acara sosialisasi ini lagi” terang Ibu Usmiyati, UPTD SD Negeri 1 Kamal.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyadarkan para siswa khususnya yang masih berada di sekolah dasar agar peduli pada lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik dan diganti menjadi perlatan yang dapat digunakan kembali bukan yang sekali pakai” terang Diva Ayu, mahasiswa MBKM Magang Industri Ecoton sekaligus anggota kelompok studi CO ENSIS.

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer