Home Kesehatan Hai Bunda!  Berikut Buah Yang Tidak Disarankan Dikonsumsi Saat Hamil

Hai Bunda!  Berikut Buah Yang Tidak Disarankan Dikonsumsi Saat Hamil

SHARE
Foto: istimewa

POJOKSURAMADU.COM.-Buah memang baik dikonsumsi saat ibu sedang hamil.  Hal ini karena buah dapat mengatasi dehidrasi yang bisa membahayakan ibu dan janin.

Namun, ada beberapa buah yang tidak disarankan dikomsumsi saat hamil karena memberikan efek yang tidak baik pada ibu dan janin.

Buah apa sajakah itu?  Berikut penjelasannya.

1. Nanas
Buah nanas adalah buah yang jika dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Hal tersebut karena nanas mengandung enzim bromelain. Enzim tersebut dapat menyebabkan serviks melemah.  Hal fatal yang ditimbulkan dapat mengakibatkan keguguran.

2. Pepaya
Hindari memakan buah ini saat bunda hamil.  Beberapa diantaranya,  akan  merasakan sakit pada perutnya meskipun hanya mengkomsumsinya dalam jumlah sedikit.  Apalagi buah pepaya yang masih mentah ataupun setengah matang.  Itu sangat berbahaya bagi ibu hamil.  Kandungan lateks pada buah pepaya dapat memicu kontraksi rahim.  Selain itu, pepaya mentah juga mengandung oksitosin dan prostaglandin. Kedua hormon tersebut dapat memicu kelahiran prematur bahkan keguguran.

Baca Juga:  Hai Bunda, Inilah 10 Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Hamil Agar Janin Sehat

3. Nangka
Nangka merupakan buah yang harus diwaspadai oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan perut panas usai mengkomsumsinya.  Jika ibu memaksa memakan buah ini,  maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

4. Anggur
Buah anggur tidak sarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena khawatir akan kandungan pestisida yang sering disemprotkan pada buah ini.  Selain itu juga kulit buah anggur agak sulit dicerna, sehingga dapat menyebabkan sambelit.

5. Durian
Buah durian juga tidak disarankan dikomsumsi oleh ibu hamil karena kamdungan asam arachidonat dan alkohol yang kurang baik bagi ibu hamil dan janin. Namun buah ini juga mengandung berbagai senyawa sehat, seperti organo-sulfur dan tryptophan, antioksidan, antimikroba, serta antibakteri, yang baik untuk ibu hamil. Jadi buah ini aman jika dikomsumsi dalam batas yang wajar ya bunda.  Namun jika berlebihan,  maka akan berefek kurang baik pada bunda dan janin.

Baca Juga:  Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumenep Meningkat, Warga Diminta Tetap Disiplin

Oleh karena itu,  pada saat hamil,  pilihlah buah-buahan yang benar-benar aman untuk dikomsumsi oleh ibu hamil. Pilihlah buah dalam kondisi yang matang,  pastikan buah sudah dicuci dengan bersih,  dan konsumsi buah secara tidak berlebihan ya bunda.  Karena seperti yang bunda ketahui,  ada buah yang baik dikonsumsi ibu hamil,  namun akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here