POJOK SURAMADU

#Inspirasi For You

Home

ic_fluent_news_28_regular Created with Sketch.

Berita

Wisata

Bisnis

Pendidikan

Keislaman

ic_fluent_phone_desktop_28_regular Created with Sketch.

Teknologi

ic_fluent_incognito_24_regular Created with Sketch.

Gaya Hidup

Sosial Media

Maraknya Bullying di Lingkungan Sekolah, KKN UTM lakukan Deklarasi Anti Bullying

Pojoksuramadu.com – (Bangkalan), Mahasiswa KKN 01 Universitas Trunojoyo Madura 2024 sukses menggelar kegiatan sosialisasi dan deklarasi anti bullying yang didampingi oleh dewan guru dan staff UPTD SDN Telaga Biru 01 dan UPTD SDN Telaga Biru 02 Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 18 Juli 2024 sampai dengan 20 Juli 2024. Program kerja ini mengusung tema “Bully No More, Hormati Perbedaan” dan telah disetujui oleh Ibu Dr. Dewi Quraisyin, S.Pd.I, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan kelompok KKN 01 UTM 2024.

Pelaksanaan sosialisasi dimulai dengan memberikan pemahaman mengenai bullying atau perundungan, yang menjelaskan tentang apa saja jenis bullying, dampak negatif dari bullying, dan cara mengatasi agar tidak terjadi bullying di lingkungan sekolah. Mahasiswa KKN 01 UTM juga melakukan sesi diskusi secara interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya saling menghormati perbedaan.

Ibu Dr. Dewi Quraisyin, S.Pd.I, M.Si, selaku dosen pembimbing lapangan menyampaikan bahwa “Pencegahan bullying tidak hanya dengan memberikan anak-anak pemahaman tentang dampak buruk bullying saja, namun  hal yang tidak kalah penting adalah membekali anak-anak dengan pendidikan moral yang cukup. Selain itu, kerjasama antara orang tua dan guru dalam mengawasi perilaku anak-anak juga sangat dibutuhkan.

Baca juga: Bersinergi dengan warga setempat, KKN-15 UTM Adakan Bersih-Bersih Desa

Sementara itu, Ilham Ainur Rahmat Hidayah selaku koordinator desa kelompok KKN 01 UTM menyampaikan bahwa tindakan bullying dapat merusak mental anak anak. “Bullying dapat mengganggu perkembangan sosial anak-anak oleh karena itu kita semua perlu melakukan tindakan dalam menangani bullying di sekolah”, ujar Ilham.  

Maraknya Bullying di Lingkungan Sekolah, KKN UTM lakukan Deklarasi Anti Bullying

Sosialisasi dan deklarasi anti bullying yang dipandu oleh mahasiswa serta dewan guru ini diakhiri dengan penandatanganan spanduk anti bullying oleh seluruh peserta setiap kelasnya sebagai simbol komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan bebas dari bullying.

KKN 01 UTM ini beranggotakan 13 orang yaitu Dhanil Hukamak (Psikologi), Ilham Ainur Rahmat Hidayah (Ilmu Kelautan), Rivaldo Maulana (Sosiologi), Win Wisnu Wardhana (Teknik Elektro), Nino Revanza (Teknik Mesin), A. Iryadul Hikam (Teknik Mekatronika), Syahdandi Ahmad Wildani (Agribisnis), Dilla Yunia Pramunita (Teknologi Industri Pertanian), Sintia Lestari (Agroteknologi), Irena Tri Widiastutik (Ilmu Kelautan), Novalina Zalianty Silalahi (Akuntansi).

Artikel Terkait :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Postingan Populer