Home Madura Jangan Keliru! Ini dia Fakta Menarik Orang Madura

Jangan Keliru! Ini dia Fakta Menarik Orang Madura

SHARE
Tokoh kartun pak sakera (foto: istimewa)

POJOKSURAMADU.com. Madura adalah salah satu pulau yang berada di provinsi Jawa Timur.  Dikenal dengan gaya bicaranya yang ber-intonasi keras, banyak orang mengira masyarakat Madura memiliki kepribadian yang kasar.

Namun sebenarnya tidak demikian. Nah berikut fakta-fakta menarik orang Madura yang harus kalian tahu.

1. Religius
Mayoritas orang Madura yakni beragama Islam.  Maka tidak heran,  pondok pesantren di Madura memiliki jumlah yang cukup besar mencapai ratusan lebih. Seperti yang sudah kita tahu,  bahwa dua ulama besar pendiri Muhammadiyah dan NU pernah berguru kepada ulama Madura yakni  Syeich Kholil Bangkalan. Orang Madura juga dikenal sangat patuh kepada Kiainya, sami’na wa atho’na. Itulah sikap yang patuh diapresiasi dan dicontoh dari masyarakat Madura.

Baca Juga:  Papua Saudara Kita, Warga Madura Gelorakan "Deklarasi Cinta NKRI"

2. Ibadah Haji dan Umroh sebagai tujuan
Di Madura kita akan menemukan para petani, tukang becak, pedagang kaki lima yang sudah naik haji ataupun umroh.  Bukan rumah atau mobil yang mereka dahulukan,  melainkan ibadah ke tanah suci Makkah yang mereka jadikan cita-cita.  Maka tidak salah jika masyarakat nya dikenal religius.

3. Memiliki harga diri yang tinggi
Madura selalu dikaitkan dengan orang yang keras dan budaya caroknya.  Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya dapat dikatakan benar.  Lebih tepatnya orang Madura memiliki kepribadian untuk menjaga harga dirinya.  Sehingga tak gentar mereka dalam memperjuangkan atau menjaga harga dirinya meskipun nyawa sebagai taruhannya.

Baca Juga:  Desak Sukmawati Dihukum, Ribuan Santri Bangkalan Gelar Aksi Demo

4.  Pekerja keras
Orang Madura rela merantau ke berbagai pulau bahkan lintas negara untuk mencapai cita-citanya.  Maka tidak heran,  di Arab, Malaysia, Cina,  Singapura,  kita temukan orang-orang Madura yang bekerja disana.

5. Masih mempertahankan budaya dan adat
Sekalipun dikenal religius,  masyarakat Madura masih mempertahankan nilai budaya dan adat didaerah mereka masing-masing. Seperti budaya kerapan sapi, petik laut,  siraman, saronen, mamaca,  dan masih banyak lagi.

Nah, itulah fakta-fakta tentang budaya dan kepribadian masyarakat Madura.  Jadi,  jangan takut bermain atau berjodoh dengan orang Madura ya guys. (Wid)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here