Home Madura KPU Sumenep Tetapkan Paslon Fauzi – Eva Sebagai Pemenang Pilkada 2020

KPU Sumenep Tetapkan Paslon Fauzi – Eva Sebagai Pemenang Pilkada 2020

SHARE
Komisioner KPU Sumenep Saat Rapat Pleno Penetapan. Foto:Pojoksuramadu.com

POJOKSURAMADU.COM, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep dalam Pilkada tahun 2020.

Rapat pleno itu dilaksanakan di pendopo KPU setempat yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Sumenep, Bawaslu, Perwakilan KPU Provinsi Jawa Timur, pasangan calon terpilih, partai pengusung kedua calon serta ketua DPRD Sumenep.

Ketua KPU Sumenep yang diwakili Deki Prasetya Utama, divisi hukum dan pengawasan mengatakan, tahapan Pilkada Sumenep telah selesai setelah adanya penetapan oleh KPU Sumenep terhadap pasangan calon terpilih.

“Penetapan ini berdasarkan SK KPU Kabupaten Sumenep dengan Nomor 08/PL.02.7-KPT/3529/KPU-Kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Sumenep pada Pemilihan Kepala daerah serentak tahun 2020,” jelasnya, Jumat (22-01-2021)

Baca Juga:  Penetapan Bupati dan Wabup Terpilih Pilkada Sumenep Tunggu Putusan MK

Katanya, seluruh tahapan maka pasangan calon nomor urut 01 yakni Ahmad Fauzi – Dewi Khalifa dinyatakan sah sebagai pemenang pada Pilkada Sumenep 9 Desember 2020 lalu.

Penetapan pemenang Pilkada dilakukan KPU Sumenep setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) pada tanggal 20 Januari 2021.

“Surat BRPK diterima sekitar tanggal 20 Januari 2020, Sesuai aturan kita punya waktu 5 hari setelah surat BRPK terbit untuk mengadakan rapat pleno terbuka penetapan paslon pemenang Pilkada Sumenep 2020 ini,” terangnya.

Baca Juga:  Pendaftaran Bakal Calon Bupati Sumenep Dibuka Awal September 2020

Masih kata Deki, tanpa menunggu waktu lama KPU Sumenep malam ini juga langsung mengajukan usulan pelantikan ke DPRD Sumenep yang selanjutnya akan di ajukan ke Mendagri melalui Gubernur Jawa timur.

“Untuk pelantikan kita nunggu keputusan dari Gubernur Jawa Timur, ” Pungkasnya

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Sumenep 2020 pada tanggal 16 Desember lalu, Paslon nomor urut 01, Achmad Fauzi-Dewi Khalifah meraup 319.876 suara.

Sementara Paslon nomor urut 02, Fattah Jasin-KH Ali Fikri memperoleh 296.676 suara.
atau Paslon 01 unggul dengan 51,9 persen suara. (Bambang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here