Home Advertorial Sambut Kedatangan Mendes PDT, Bupati Pamekasan : Desa Akan Kita Dorong Kearah...

Sambut Kedatangan Mendes PDT, Bupati Pamekasan : Desa Akan Kita Dorong Kearah Maju

SHARE
Bupati Pamekasan Badrut Tamam saat mendampingi Menteri PDT Halim Iskandar di Desa/Kecamatan Pagentenan, (Foto:Pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyambut kedatangan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT )Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, di Lapangan Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Sabtu, (01/08/2020).

Acara yang dikemas dengan silaturrahmi juga dihadiri oleh Wakil Bupati, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para Kepala Desa, Perwakilan DPRD Provinsi Jatim, sejumlah pejabat serta para Ulama di Kabupaten Pamekasan.

Dalam sambutannya, Baddrut Tamam menyampaikan beberapa program prioritas Pemkab Pamekasan yang sudah terealisasi di periode kedua Pemerintahan berbaur. Diantara program yang sudah tercapai itu diantaranya adalah Reformasi Birokrasi berupa Mall Pelayanan Publik. Adapun program kedua yaitu di bidang kesehatan, dengan adanya program Pamekasan Call Care. Melalui program ini, pihaknya sudah memberikan bantuan mobil sehat untuk seluruh desa di pamekasan.

“Mobil sehat ini memiliki layanan telepon untuk berkonsultasi soal kesehatan” kata Baddrut.

Baca Juga:  Jelang Keberangkatan, Kemenag Bangkalan Gelar Manasik Haji Massal II di Gedung Rato Ebhu

Selain itu, di bidang ekonomi, saat ini Kabupaten Pamekasan sudah mulai bergerak dengan adanya desa tematik di tiap desa. Diantaranya, ada kampong sandal, desa pertanian, desa wisata, dan desa peternakan.

“Alhamdulillah sudah ada desa tematik yang menjadi salah satu cirri kemajuan desa” katanya.

Keempat, di bidang pendidikan saat ini pamekasan memberikan beasiswa santri terhadap para hafidz serta santri yang berprestasi. Hal ini menjadi inisiatif agar Pamekasan bisa bersaing dengan kabupaten lainnya. Adapun program prioritas yang ke lima ialah infrastruktur, dimana Pemkab Pamekasan selalu memfasilitasi pembangunan infrastruktur berupa jalan dan bantuan untuk wilayah yang kekeringan saat musim kemarau.

“ini bentuk ikhtiar kita sesuai dengan jargon pamekasan hebat, dengan membangun desa makmur” katanya.

Sementara itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT )Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar memuji kinerja pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam hal percepatan pembangunan.

Baca Juga:  Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan Periode 2018-2023

“Percepatan pembangunan di Pamekasan naik satu tingkat yaitu dari peringkat 31 ke peringkat 30 dari total 38 Kabupaten-Kota se Jatim,” terang Halim.

Halim menilai jika hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa berkat seluruh kerjasama masyarakat Pamekasan, mulai dari para pejabat seperti Kepala Desa hingga ulama setempat. Peringkat ke 30 itu, kata Halim, merupakan peringkat terbaik di empat Kabupaten di Pulau Madura.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu kemudian membeberkan tentang strategi agar Desa-desa di Pamekasan bisa bergerak ke arah maju. Desa yang maju ialah Desa yang mempunyai empat konsep sederhana yaitu, Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa dengan pendidikan yang berkualitas, dan warga Desa yang harus sehat.

“Jika keempat konsep ini dijalankan maka desa itu sudah bisa dikatakan maju,” terang Halim. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here