Home Peristiwa Susahnya Akses Transportasi, Ibu Hamil Asal Pulau Sepudi Melahirkan di Atas Perahu

Susahnya Akses Transportasi, Ibu Hamil Asal Pulau Sepudi Melahirkan di Atas Perahu

SHARE
Ibu hamil yang melahirkan di atas perahu. (Foto: pojoksuramadu.com)

POJOKSURAMADU.COM, Sumenep – Seorang ibu hamil asal Pulau Sepudi melahirkan di atas perahu. Sebelumnya, dirinya dirujuk ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi, pada Selasa (08/01/2020) dini hari.

Tamima (34) merupakan warga Dusun Wak Duwak, Gayam, pulau Sapudi, Sumenep, Jawa Timur. Bidan yang merujuk Tamima, Bidan Gesi Variana Sari, mengungkapkan bahwa peristiwa ibu hamil melahirkan di perahu sudah seringkali terjadi.

Sebelumnya Tamima sempat sampai di Puskesmas dan mendapatkan perawatan dari Bidan Gesi Variana Sari. Sekitar pukul 08.00 WIB, perutnya dirasa makin sakit, bayinya juga tidak kunjung lahir, dirasa sangat lama dan masih tetap tidak melahirkan, keluarga sepakat agar Tamima di rujuk ke wilayah daratan Sumenep.

Baca Juga:  Seorang Nenek di Sampang Ditemukan Tewas di Dalam Sumur

Karena transportasi minim, terpaksa atas rundingan keluarga, Tamima dirujuk ke darat dengan menggunakan perahu angkutan barang. Namun, sebelum sampai di darat, sekitar pukul 15.30 WIB akhirnya melahirkan.

“Alhamdulillah, tak disangka lahir bayi jenis kelamin laki-laki, di sekitar perairan pulau Desa Poteran, Kecamatan Talango,” kata Bidan Gesi.

Baca Juga:  Sempat Ricuh, Mahasiswa Ditemui Pimpinan Dewan, Ini Kesepakatannya

Adapun perjalanan dari Pulau Sepudi menurut Bidan Gesi tidaklah mudah, dari Gayam warga menggunakan transportasi laut. Apalagi, saat cuaca ekstrim seperti saat ini, hujan dan ombak besar disertai petir perjalanan laut membuat nyawa jadi taruhan. Sementara perjalanan dari Gayam Sepudi menuju Sumenep daratan, biasanya ditempuh sekitar 5 jam.

“Awalnya, mau ikut perahu yang dari Sokarami tapi perahunya bocor, jadinya berangkat setelah dhuhur memakai perahu barang” paparnya.

Sedangkan kondisi ibu dan bayinya sehat dan kembali ke Gayam, Pulau Sepudi. (Red/id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here