Home Sosial YMI ITS Salurkan Donasi Rp1,3 Miliar

YMI ITS Salurkan Donasi Rp1,3 Miliar

SHARE
Yayasan Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember saat menyalurkan bantuan sosial kepada warga, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Surabaya -Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh perjuangan bagi Yayasan Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (YMI ITS) Surabaya.

Sebagai sebuah organisasi sosial yang baru berumur 1,5 tahun, YMI ITS bekerja keras untuk mendapat kepercayaan publik.

Berawal dari sebuah pemikiran untuk meningkatkan peran-peran sosial dan menyelesaikan problem-problem masyarakat, YMI ITS didirikan pertengahan tahun 2019 oleh seluruh mantan Rektor ITS. Tujuannya agar mampu berkontribusi untuk masyarakat YMI harus bisa menghadirkan solusi konkret dari berbagai persoalan warga, di antaranya dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan.

Beberapa program yang digulirkan YMI ITS selama tahun 2020 mendapat sambutan yang positif dari masyarakat para dermawan, khususnya alumni ITS yang tersebar di seluruh nusantara.

Baca Juga:  Jurnalis Pokja Polda Jatim Menjalani Suntik Vaksin Covid-19

Selama tahun 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp. 1.315.200.284 yang berasal dari zakat, infaq dan wakaf para dermawan.

Jumlah penerima manfaat selama tahun 2020 mencapai 15.675 orang yang terdiri dari beberapa program, di antaranya korban dampak covid 19, bedah rumah, penerima program kurban, perlengkapan salat di daerah bencana, wakaf desain masjid, roll sadajah masjid, program sumur wakaf di beberapa daerah, dan beasiswa pendidikan.

Advertisement

Dalam upaya penyaluran dana ini YMI ITS bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama Masjid Manarul Ilmi ITS yang juga sebagai kantor pusat YMI ITS.

Baca Juga:  PPKM Mikro, Perkuat Pengamanan Hingga Tingkat RT/RW

Ketua pengurus YMI ITS, Triyanto, menjelaskan bahwa YMI ITS sebagai lembaga yang baru berdiri berusaha keras untuk bekerja secara profesional dan amanah.

“Kalau lembaga ini sudah amanah, maka kepercayaan dari publik akan terjadi secara otomatis,” ujarnya.

Sementara itu Adi Dharma selaku Ketua I YMI ITS menambahkan jika pihaknya berkeinginan mengoptimalkan manfaat organisasi utk fungsi kemanusiaan.

“Kita terobsesi dengan lembaga-lembaga lain yang sudah berkontribusi lebih besar untuk umat, jadi YMI ITS harus mengejar agar kebermanfaatannya lebih optimal,” sambungnya. (*)

Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here