Home Madura Alsintan untuk Petani Disalurkan di Pamekasan

Alsintan untuk Petani Disalurkan di Pamekasan

SHARE
Caption: Kepala DKPP Pamekasan saat menyerahkan bantuan alsintan

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan–Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menyerahkan alat-alat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa 20 genset dan 20 pesin perajang tembakau yang didanai DBHCHT kepada petani tembakau, Senin (06/9/21).

Bantuan tersebut disalurkan melalui 10 Kelompok Tani (Poktan) se-Pamekasan, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian DKPP Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu. Bantuan alat-alat itu nantinya akan dievaluasi terlebih dahulu oleh Pemkab Pamekasan bersama penerima bantuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas kerja alat-alat tersebut. Sehingga nantinya dapat digunakan secara maksimal oleh petani tanpa ada kendala apapun.

Penyerahan alat-alat bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan, Ajib Abdullah, itu merupakan program kepedulian Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam membantu menekan biaya pokok produksi yang dikeluarkan petani.

Baca Juga:  Satu Warganya Positif Covid-19, Bangkalan Masuk Zona Merah

Kabid Produksi DKPP, Achmad Suaidi mengatakan, saat mengatakan untuk sementara bantuan alat-alat pertanian yang hanya bisa diberikan merupakan alat-alat yang mendesak sesuai kebutuhan petani. “Sementara alat alat pertanian yang juga direncanakan dibantukan akan segera menyusul. Ini untuk kelompok tani yang betul betul membutuhkan alat ini,” kata Suaidi.

Suaidi berharap agar alat-alat bantuan itu dapat dimanfaatkan secara benar, serta untuk membantu meringankan kerja dan biaya yang ditanggung petani pasca panen tembakau nantinya. Sehingga dapat meningkatkan terwujudnya perekonomian yang stabil bagi petani.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Produksi, Legislator Dukung Langkah Dirut PT Garam

“Harapanya semakin mengurangi biaya pokok produksi dari petani yang biasanya menggunakan manual dirajang manual dengan penggunaan mesin rajang ini akan jauh lebih murah,” ungkapnya penuh harap.

Selaras dengan Suaidi, Kepala Dinas KPP Pamekasan Ajib Abdullah menginginkan agar alat alat pertanian itu nantinya dapat dipakai dengan baik, dirawat secara maksimal serta bisa digunakan bersama anggota kelompok tani.

Selain itu, alat-alat pertanian lainnya yang juga dijanjikan akan segera menyusul untuk diberikan kepada petani yakni berupa widik tempat menjemur tembakau rajangan, handtractor, cultivator, lalu spreyer dan lainnya. (Hasibuddin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here