Home Madura Bentangkan Spanduk, Nelayan Banyuates Tolak Pengeboran Migas Milik Petronas

Bentangkan Spanduk, Nelayan Banyuates Tolak Pengeboran Migas Milik Petronas

SHARE
Spanduk penolakan pengeboran Migas oleh Petronas Carigali di Pesisir Pantai Banyuates, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Sampang – Kelompok nelayan di Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membentangkan spanduk penolakan aktifitas pengeboran minyak milik Petronas Carigali.

Penolakan tersebut dilakukan lantaran pihak Petronas hingga kini belum memenuhi tuntutan para nelayan.

“Namun demikian hingga kini tidak ada tindakan dan perilaku baik dari Petronas dan SKK migas serta pemkab sampang,” kata Arif Brata, Humas FKR’T, Kamis, (4/2/2021).

Baca Juga:  Antisipasi Tindak Kriminal Saat Pandemi Covid-19, Polres Bangkalan Bentuk Tim Khusus

Tidak hanya itu, ia juga mempertanyakan sikap Petronas Carigali yang tidak melibatkan masyarakat tentang ijin AMDAL. Ia menduga Petronas melakukan manipulasi tentang penerbitan AMDAL karena tidak melibatkan warga.

“Sebelum kegiatan eksplorasi migas dimulai, harus ada AMDAL karena kegiatan menyangkut dampak terhadap lingkungan, jika AMDAL tidak bisa ditunjukkan kita wajib menghentikan kegiatan tersebut,”ujarnya.

Arif Menegaskan, nelayan akan melakukan aksi demonstrasi jika pihak Petronas Carigali tetap tutup telinga terkait tuntutan nelayan. Sebelumnya, nelayan telah melakukan aksi demonstrasi dan menuntut kompensasi kepada Petronas.

Baca Juga:  Marak Tambak dan Reklamasi Ilegal, Mahasiswa di Sumenep Gelar Unjuk Rasa

“Petronas tidak bertanggung jawab, padahal dalam UU Migas perusahaan harus bertanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan, nah ini tidak, kita akan melakukan aksi jika terus tidak didengar,”ucapnya.

Sementara itu, Humas Petronas Carigali Ezmer tidak memberikan tanggapan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. (Hamid)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here