Home Pendidikan Genjot Publikasi Internasional, Dekan FT UTM Target 100 Artikel

Genjot Publikasi Internasional, Dekan FT UTM Target 100 Artikel

SHARE
Dekan Fakultas Teknik UTM, Rahmat Hidayat, (Foto:Istimewa)

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Dekan Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Prof. Dr. Rachmad Hidayat, M.T menargetkan publikasi internasional bereputasi sebanyak 100 artikel selama tahun 2020.

“Ini sebagai bentuk tolak ukur kinerja dosen di Fakultas Teknik baik secara pribadi atau lembaga,” terangnya, Sabtu (25/7/2020)

Menurutnya, seorang dosen tidak hanya berkewajiban mengajar dan mengabdi kepada masyarakat, namun juga berkewajiban meneliti sesuai bidang keilmuan masing-masing.

Bagi Rahmad, bukanlah hal yang sulit untuk meningkatkan publikasi internasional bereputasi jika memang ada kemauan, bahkan target yang ditentukan melebihi jumlah dosen tetap yang ada di Fakultas Teknik UTM.

Baca Juga:  Membanggakan, Mahasiswa UTM Borong Juara di Ajang Lomba Nasional

“Per Juli fakultas teknik sudah mencatatkan 64 artikel dosen yang terindeks scopus, masih ada target 60 artikel lagi untuk terbit tahun ini yaitu di ijcst dan ieee 2020,” papar guru besar Fakultas Teknik UTM ini.

Lebih lanjut dosen asal Sumenep itu menjelaskan, tahun ini sudah lebih dari 50% dan kemungkinan akan ditingkatkan terus pada tahun berikutnya. Dia sangat yakin dengan jumlah 98 dosen yang ada di fakultas teknik masih dapat ditingkatkan target publikasi internasional bereputasi.

Baca Juga:  Sertifikasi Guru Triwulan Ketiga Akan Cair Hari Kamis, Kadisdik : Uang Dari Pusat Baru Turun Jumat Kemarin

“Apalagi untuk biaya publikasinya ditanggung pihak fakultas berupa dana hibah publikasi. Tahun lalu target kita 60, alhamdulillah lebih dari target,” jelasnya.

Selain untuk meningkatkan produktifitas publikasi para dosen fakultas teknik, Rachmad Hidayat juga membeberkan bahwa target publikasi internasional bereputasi itu juga sebagai program kerja dan kontrak kinerja dekan kepada Rektor UTM.

“Ini juga merupakan program kerja kami sebagai dekan fakultas teknik sekaligus sebagai kontrak kinerja kepada bapak Rektor. Tentunya untuk kemaslahatan institusi,” tandasnya. (*)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here