Home Daerah Pilkades Serentak, Satu Desa di Bangkalan Diikuti 15 Bacakades

Pilkades Serentak, Satu Desa di Bangkalan Diikuti 15 Bacakades

SHARE
Ilustrasi Pilkades

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Masa pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) berakhir sejak 1 Maret 2021 kemarin, 120 Desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Bangkalan dipastikan sudah memiliki kandidat.

Menariknya, salah satu Desa di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Madura memiliki 15 Bacakades yang secara resmi mendaftarkan dirinya sebagai kandidat Kepala Desa.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Bangkalan, Handiyansyah mengatakan bahwa 120 Desa peserta Pilkades sudah remsi memiliki Bacakades.

Baca Juga:  Wabub Pamekasan Nilai Penghapusan Bahan Bakar Bersubsidi Kurang Tepat

“Kalau totalnya belum diketahui, yang pasti dari 120 Desa semuanya sudah mendaftar dan resmi ada Bacakadesnya. Minimal 2 sampai 15 calon,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya Bacakades setelah secara resmi mendaftar harus sudah lengkap persyaratan pencalonannya untuk memastikan lolos verivikasi tahap selanjutnya.

“Tahap selanjutnya penelitian keabsahan berkas dan verivikasi keabsahan. Kalau ada kekurangan data ya tidak bisa disusul, begitu di cek ya harus lengkap,” imbuh Handiyansyah.

Baca Juga:  Soal Urus SHM Lelet, Begini Kesepakatan Warga dengan BPN Bangkalan

Nantinya dari keseluruhan Bacakades yang resmi mendaftar akan dilakukan uji kompetensi oleh pihak akademisi yang ditentukan oleh TFPKD.

“Nanti akan dilakukan tes pada seluruh Bacakades yang mendaftar. Kita kumpulkan dalam satu tempat untuk uji kompetensi,” tandasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here