Home Daerah Puluhan Kader HMI Demo Kantor BPN Bangkalan

Puluhan Kader HMI Demo Kantor BPN Bangkalan

SHARE
Puluhan kader HMI Cabang Bangkalan saat menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor BPN Bangkalan, Foto;Pojoksuramadu.com

POJOKSURAMADU.COM, Bangkalan – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangkalan, Madura, Jawa Timur geruduk kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

Dalam aksinya kali ini, masa aksi menuding bahwa pelayanan di BPN Bangkalan semrawut sehingga banyak berkas pengajuan dari masyarakat yang hanya ditumpuk 2 hingga 3 tahun tanpa kepastian.

“Berdasarkan peraturan kepala BPN no.1 tahun 2010 tentang standar pelayanan dan pengaturan pertanahan estimasi waktu penyelesaian pendaftaran tanah seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama,” ujar Sultan, Korlap Aksi dalam orasinya, Senin (26/7/2021).

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Pemkab Sampang Terima Bantuan 300 APD dari Pengusaha

Sehingga dengan lamanya waktu yang dibutuhkan ketika mengurus tanah di BPN Bangkalan, Banyak pengaduan masyarakat perihal ruwetnya pelayanan yang tidak sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP) dan pungutan PNBP yang diluar batas wajar.

“Sesuai peraturan yang kita sebut tadi patut kiranya kami mempertanyakan tanggung jawab dan kinerja para pejabat khususnya kepala BPN yang berkaitan lambatnya sertifikasi tanah,” imbuhnya.

Dalam aksi tersebut massa HMI memblokir jalan dengan membakar ban dan drama untuk mengkritisi serta meminta agar seluruh pegawai BPN keluar menemui masa aksi dan berikrar akan memperbaiki pelayanan.

Baca Juga:  Pansus DPRD Pamekasan Sayangkan Ucapan Ali Masykur Saat Paripurna

Sementara itu Kepala BPN Bangkalan, Tansri meminta agar data permohonan masyarakat yang masih belum selesai di setorkan untuk diselesaikan dengan syarat sudah lengkap dan memenuhi syarat.

“Kami akan selesaikan asalkan lengkap dan data itu betul. Yang tidak selesai hingga 3 tahun itu mungkin ada data yang kurang, makanya datang ke kantor kita klarifikasi lama di kami atau di pihak lain,” tandasnya. (Fathur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here