Home Kesehatan RSUD Moh. Anwar Sumenep Akan Segera Miliki Tes PCR

RSUD Moh. Anwar Sumenep Akan Segera Miliki Tes PCR

SHARE
Direktur RSUD. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati, Foto:Pojoksuramadu.com

POJOKSURAMADU.COM, Sumenep – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh. Anwar, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, segera memiliki alat tes polymerase chain reaction (PCR). Keberadaan alat ini diharapkan bisa mempercepat penanganan kasus covid-19 yang jumlahnya terus meningkat.

Test PCR adalah Standart klinis yang dapat membuktikan pasien terindikasi Covid-19 atau tidak. Dengan adanya alat ini pasien gejala covid-19 dapat segera terdeteksi dengan cepat.

Baca Juga:  Polda Jatim Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Beberapa Ruas Jalan di Surabaya

“PCR ini diharapkan dapat mempercepat penegakan diagnosa terhadap pasien terkonfirmasi covid-19,” Jelas Direktur RSUD. Moh. Anwar. dr. Erliyati, Jumat (29-01-2021).

Alat PCR tersebut nantinya akan mempercepat proses pemeriksaan sampel swab dari kontak erat pasien Covid-19. Dengan begitu, upaya memutus rantai penyebaran juga akan lebih maksimal.

“Selama ini yang jadi kendala kan lamanya menunggu hasil pemeriksaan sampel swab karena harus dikirim dulu ke Surabaya. Bisa tiga sampai lima hari baru keluar hasilnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Bangkalan Masih Kekurangan Tenaga Dokter

Ia berharap, penanganan covid-19 di kabupaten paling ujung Pulau Garam itu semakin baik. Pemeriksaan sampel swab dari orang-orang yang dicurigai terpapar covid-19 bisa langsung diketahui pada hari itu juga.

“Hasil swab bisa langsung diketahui sehingga bisa cepat dilakukan langkah tindak lanjut begitu ada yang positif,” Pungkasnya. (Bambang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here