Home Madura Sambut FKUB Jatim, Sekdakab Pamekasan Bahas Kerukunan Umat Beragama

Sambut FKUB Jatim, Sekdakab Pamekasan Bahas Kerukunan Umat Beragama

SHARE
Suasana diskusi antara Pemkab Pamekasan FKUB Jawa Timur dan FKUB Pamekasan, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Pemkab Pamekasan menerima kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Timur di Pendapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (18/11/2020).

Kedatangan FKUB Jatim disambut Sekdakab Pamekasan Totok Hartono, Asisten I Setdakab Pamekasan Moch Tarsun, Kabag Kesra Khalifaturrahman, Ketua FKUB Pamekasan KH Abd. Muid Khozin, sekretaris FKUB Pamekasan Sapto Wahyono, dan jajaran pengurus FKWUB serta FKPUB Pamekasan.

“Tadi kita bahas masalah program dan beberapa progres persoalan-persoalan kerukunan umat beragama,” terang Totok usai acara.

Menurutnya, Pemkab Pamekasan akan selalu berkordinasi dengan FKUB Pamekasan untuk membahas bagaimana kerukunan umat beragama di Pamekasan. Keberagaman dalam sisi keyakinan agama tidak boleh menjadi pemecah belah warga pamekasan.

“Keyakinan itu berbeda tiap orang, tapi kita ingin agar keyakinan yang berbeda itu menjadi perekat antar warga,” tegas Totok.

Sementara itu, Sekretaris FKUB Jawa Timur Hizbul Wathan mengatakan, kunjungan ke Pamekasan ini dalam rangka realisasi agenda kunjungan ke FKUB kabupaten/kota se Jawa Timur.

Baca Juga:  Waspada Bencana, Aparat Gabungan di Sampang Potong Ranting Pohon yang Rapuh

Agenda kunjungan FKUB Jatim itu, lanjutnya, ada dua gelombang. Pertama, kunjungan kepada FKUB kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada.Kunjungan kedua ke kabupaten/kota non Pilkada.

“Kebetulan Pamekasan ini last one, satu yang belum yakni Tulungagung,” katanya.

Tujuan silaturrahmi ini, kata Hizbul Wathan, walaupun FKUB kabupaten/kota dan Jawa Timur itu tidak ada hubungan vertikal tapi sama-sama memiliki fungsi, tugas, dan misi yang bagus, para tokoh agama yang dipayungi oleh pemerintah kabupaten/kota sesuai amanat PBM 1998 antara Kemenag dan Kemendagri.

“Agar nanti tercipta kerukunan di dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah digaris tegas,” ucapnya.

Lebih lanjut, sekertaris FKUB Jatim ini menyampaikan bahwa selama pihaknya melakukan kunjungan 38 kabupaten/kota, bahkan sebelum FKUB berdiri dan masih bernama FKAUB, Pamekasan sangat luar biasa. Kegiatan-kegiatannya sangat pro aktif.

Baca Juga:  Kapolres Pamekasan Serahkan Paket Lebaran Pada Wartawan

“Terutama mengampu kepada sosial kemasyarakatan, termasuk bakti sosial. Belum ada kabupaten/kota lain yang kegiatannya se pro aktif seperti FKUB Pamekasan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Pamekasan KH Abd Muid Khozin mengatakan, saat pertemuan itu pihaknya melaporkan bahwa terus berupaya melaksanakan agenda-agenda dalam menjaga kerukunan umat beragama serta kegiatan sosial kemasyarakatan. Bahkan di Pamekasan pada kepengurusan saat ini tidak hanya ada FKUB, namun juga sudah terbentuk kepengurusan Forum Kerukunan Wanita Umat Beragama (FKWUB) dan Forum Kerukunan Pemuda Umat Beragama (FKPUB).

Tidak berhenti disitu, pihaknya beserta jajaran FKUB Kabupaten menginisiasi terbentuknya FKUB di tingkat kecamatan. “Rencana kami, kalau nanti FKUB di tingkat kecamatan itu diterima, maka pada tahun 2021 akan dibentuk FKUB di tingkat kecamatan,” pungkasnya. (Hasibudin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here