Home Regional UKK Pagar Nusa IAIN Kediri Gelar Latgab

UKK Pagar Nusa IAIN Kediri Gelar Latgab

SHARE
Para tokoh saat menghadiri pembukaan Latgab Pagar Nusa IAIN Kediri (Foto:Istimewa)

POJOK SURAMADU.COM, Kediri – Ratusan Pesilat dari Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kota Kediri berkumpul di kampus IAIN Kediri, Minggu (23/02). Berkumpulnya pesilat ini dalam rangka Pagar Nusa Festival 2020 dengan agenda latihan gabungan yang digelar Unit Kegiatan Khusus Pagar Nusa IAIN Kediri.

Pembina UKK pagar Nusa IAIN kediri, Anwariyah,M.Pd dalam sambutannya mengatakan kegiatan latihan gabungan ini diikuti oleh PAC pesantren, PAC kota, PAC Mojoroto yang ada di kota Kediri yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa.

Selain dari PSNU, dalam silahturahmi ini juga dihadiri sejumlah Polres Kota Kediri, Polsek Kota. Selain itu, Aris babinkamtibmas kota berharap melalui “kegiatan latihan gabungan ini, silaturahmi diantara anggota dapat terjaga dengan baik sehingga tercipta suasana kondusif dan harmonis di kota Kediri dan tumbuh rasa nasionalisme”.

Ratusan Pesilat dari Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kota Kediri berkumpul di kampus IAIN Kediri, Jawa Timur (Foto:Istimewa)

“Kepada adik-adik semua agar berlatih dengan baik dan tolong dengarkan arahan dari babinkamtibmas guna tertib berkendara seusai kegiatan sehingga tidak menimbulkan keresahan kepada masyarakat dan buktikan kepada masyarakat kalau pagar nusa itu pencak silat yg tertib berkendara dilalulintas, “ujar Anwariyah.

Baca Juga:  Operasi Bina Kusum Semiru, Polres Bangkalan Beri Pembinaan pada Anak Jalanan

Ketua Pimpinan Anak Cabang kota, Annas dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh UKK pagar Nusa IAIN kediri. ”Terimakasih kepada UKK pagar Nusa IAIN kediri yang telah mengumpulkan pelisilat untuk latihan dan silahturahmi.

Dilanjutkan annas, bahwa PSNU Pagar Nusa diberi tugas untuk lestarikan pencak silat dilingkungan NU. “Di NU ada beberapa badan otonom salah satunya Pagar Nusa dan Pagar Nusa ini masuk kota Kediri tahun 90 an dan sekarang sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia karena memiliki pengurus dari tingkat pusat hingga anak cabang, “ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada pesilat untuk belajar serius sebab silat selain untuk membela diri sendiri juga membela orang lain. ”Kita juga harus bangga sebab silat ini salah satu cabang olahraga yang sudah diperhitungkan karena sudah masuk event olahraga Asian games dan sea games,” pungkas Annas.

Baca Juga:  Polda Jatim Beri Penghargaan Anggotanya yang Berprestasi

Sementara pimpinan wilayah Jawa timur yang diwakili Yusuf mengatakan bahwa warga NU harus bangga dengan Perguruan Silat Pagar Nusa karena perguruan silat ini merupakan perguruan pemersatu bangsa, sebagai media siar agama Islam serta membina kerukunan dan sebagai panutan masyarakat.

“Peran para pendekar Perguruan Silat Pagar Nusa harus bisa memperkuat rasa persatuan, persaudaraan dan ukhuwah Islamiah serta menjaga keutuhan NKRI, “ujarnya.

bahwa kota Kediri berharap kedepan ada kontribusi dari Perguruan Silat Pagar Nusa untuk kota Kediri dalam bentuk Prestasi dan kami juga mewakili Pempinan wilayah akan berusaha semaksimal mungkin guna mendukung kegiatan ini. pungkas yusuf. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here