Home Daerah UMKM di Pamekasan akan Dapat Bantuan Modal Usaha

UMKM di Pamekasan akan Dapat Bantuan Modal Usaha

SHARE
Kadiskop UMKM saat dimintai keterangan di ruangannya

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan– Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 2,4 Juta dari Bang Presiden (Banpres).

Bantuan modal usaha melalui Kementerian Koperasi dan UKM itu guna menggerakkan kembali perekonomian UMKM di masa pandemi Covid-19.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Pamekasan sedang melakukan proses pendataan terhadap pelaku UMKM di Pamekasan.

“Pemkab Pamekasan mendapatkan jatah sebanyak 78.249 pelaku UMKM dari total kuota 12 juta Pelaku UMKM skala nasional,” ungkap plt kepala Diskop dan UKM, M. Fata, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga:  Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, 4 Kecamatan di Bangkalan Diterapkan PPKM

Menurutnya, untuk menerima bantuan modal kerja produktif itu ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon penerima.

Sebut saja, calon penerima harus benar-benar memiliki usaha barang atau jasa yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala desa setempat.

Kemudian, calon penerima tidak memiliki saldo rekening lebih dari Rp, 2 juta. Calon penerima juga tidak pernah dan tidak sedang menerima pinjaman dari bank manapun.

Baca Juga:  Belum Ditempati, Gedung Baru DPRD Bangkalan Retak

“Kami melibatkan tim verifikasi dari kelompok usaha, tokoh masyarakat, pihak desa setempat dan pesantren agar proses pendataan bisa tepat sasaran,” terang Fata.

Kendati sudah diusulkan oleh Diskop dan UKM, sambungnya, pelaku UMKM tidak lantas menerima bantuan modal usaha karena data tersebut masih harus melalui verifikasi Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Kami hanya dari sisi data, untuk verifikasi wewenang pusat, dan nanti validasi tergantung masing-masing bank yang merupakan mitra,” ungkap Fata. (Hasibuddin)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here