Home Advertorial Bupati Pamekasan: Pesantren Ramadan Ikhtiar Ciptakan Hafidz Qur’an

Bupati Pamekasan: Pesantren Ramadan Ikhtiar Ciptakan Hafidz Qur’an

SHARE
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meninjau pelaksanaan pondok ramadan di SDN 1 Jalmak Pamekasan, jumat pagi, Foto:Istimewa

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam meninjau pelaksanaan pondok ramadan di SDN 1 Jalmak Pamekasan, jumat pagi, (23/02).

Kegiatan pondok ramadan tersebut, merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk para siswa guna membangun pondasi keagamaan para pelajar di bumi Gerbang Salam.

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu, para siswa dituntut untuk menghafal dan menulis juz 30 selama satu minggu mulai tanggal 19-24 April 2021. Gebrakan Disdikbud Pamekasan itu guna mewujudkan program prioritas Pemerintah di bidang pendidikan.

Baca Juga:  Launching Pasar Murah Ramadan, Mas Tamam Ajak Warga Tingkatkan Kesalehan Sosial

“Kelak kita ingin ada hafidz-hafidzah dari Pamekasan serta penanaman generasi Qur’an,” terang Mas Tamam.

Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, menjelaskan, selama pelaksanaan pondok ramadan para siswa akan diberikan bimbingan khusus cara membaca dan menulis ayat ayat alquran dengan benar khususnya Juz 30 (Juz Amma). Dokumen bukti fisik pelaksanaan kegiatan sekaligus bukti ketercapaian program pondok Ramadhan akan dievaluasi di hari terakhir Pondok Ramadan.

“Misalnya format penilaian ketercapaian hafalan Juz 30 siswa dan satu naskah tulisan Juz 30 (Juz Amma) karya siswa,” ucapnya.

Baca Juga:  HPN 2021, Bupati Pamekasan Ajak Insan Pers Perangi Hoaks

Zaini mengaku hingga saat ini ada sejumlah siswa yang mampu menghafal juz 30 sewaktu mengunjungi beberapa sekolah. Bahkan beberapa orang sudah mulai menghafal beberapa Juz lainnya. Dijelaskan, maksimalnya program itu berkat dukungan positif baik dari siswa maupun orang tua serta semangat siswa dalam menghafal dan menulis juz 30 ini sangat tinggi.

“Upaya penciptaan generasi Qur’an sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan SDM unggul di masa yang akan datang,” ujar Zaini. (adv/Hasibuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here